Sen. Agu 3rd, 2020

Kotabaru Jadi Salah Satu Pilot Project DAK Integrasi Air Minum, Sanitasi dan Perumahan

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Kabupaten Kotabaru terpilih sebagai salah satu dari 11 kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi pilot project Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi Bidang Air Minum, Sanitasi dan Perumahan TA 2021.

Hal itu diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kotabaru H Akhmad Rivai saat mengunjungi perkampungan kumuh di wilayah Bumi Saijaan serta dalam menyosialisasikan untuk usulan kegiatan dengan SKPD terkait, Ahad (21/6/2020).

Rivai pun meminta, SKPD terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) dan Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kotabaru agar segera melakukan entri usulan kegiatan dalam aplikasi KRISNA.

“Kami minta SKPD tersebut menyiapkan readiness criteria yang diperlukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” kata Akhmad Rivai.

Sementara itu, Direktorat Perkotaan Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas Nurul Wajah Mujahid menyampaikan tentang pentingnya peran DAK Terintegrasi dalam mendukung pencapaian agenda pembangunan 2020-2024 yang kesuksesannya bergantung pada pemerintah daerah.

Ia mengatakan, DAK Terintegrasi dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap visi, rencana, dan peta jalan pemerintah daerah dalam mengentaskan permukiman kumuh, menjadi salah satu sumber pendanaan mengarah pada suatu perubahan komprehensif dan signifikan yang tidak hanya berupa pencapaian pengurangan lingkungan kumuh secara numerik, tapi juga dapat dilihat secara spasial.

“Untuk memastikan pemenuhan akses terhadap infrastruktur dasar layak secara terpadu itu, perlu dilaksanakan secara multiyear dan berbasis kinerja, secara bertahap hingga tuntas dalam beberapa tahun. Kepastian penerimaan DAK di tahun berikutnya akan bergantung dari evaluasi kinerja pelaksanaan di tahun sebelumnya,” jelasnya.

Adapun 11 kabupaten/kota yang terpilih menjadi pilot project DAK Terintegrasi itu meliputi Kota Langsa Provinsi Aceh, Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal dan Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah, Kota Kediri Provinsi Jawa Timur, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara, Kota Ternate Provinsi Maluka Utara, dan Kota Tual Provinsi Maluku.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.