Kotabaru Panen Raya Padi di Dua Kecamatan

520

KabarKalimantan, Kotabaru– Warga dan tiga kelompok petani di Desa Langkang Baru, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru menggelar panen raya padi di persawahan desa setempat. Selain itu, panen raya padi digelar di Kecamatan Kelumpang Selatan pada Rabu (30/8/2017).

Panen raya di Desa Langkang Baru turut dihadiri oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar Al Idrus; Ketua TP PKK Kotabaru, Fatma Idiana; Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad; dan jajaran Pemkab Kotabaru.

Sayed Jafar mengatakan sangat antusias melihat sukses para petani Desa Langkang Baru dalam penanaman padi. Menurut dia, Kotabaru mesti mendukung swasembada pangan lewat intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian. “Sehingga pada hari ini dapat di laksanakan panen raya,” kata Sayed Jafar di sela panen raya.

Sayed mengatakan Pulau Laut Timur salah satu kecamatan yang dominasi masyarakatnya bertani. Lewat panen raya, ia berharap Kecamatan Pulau Laut Timur menjadi lumbung padi. “Sehingga masyarakat Kotabaru lebih mudah mendapat beras, dan tidak perlu membeli beras ke luar daerah Kotabaru,” ujar Sayed Jafar.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru, Budi Antara, mengatakan 75 persen padi yang dipanen berjenis inpari delapan. Kecamatan Pulau Laut Timur punya lahan pertanian seluas 1.500 hektare yang tersebar di 14 desa.

“Pada hari ini juga di laksanakan panen raya padi di Kecamatan Kelumpang Selatan,” kata Budi Antara.

Camat Pulau Laut Timur, Erawati, mengapresiasi atas upaya petani yang sukses mengembangkan padi jenis inpari delapan. Erawati merinci lahan pertanian seluas 75 hektare yang panen raya pada hari ini milik tiga kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Subur seluas 20 hektare, Kelompok Tani Sri Rejeki seluas 20 hektare, Kelompok Tani Tunas Mekar seluas 35 hektare.

“Mudahan saja dengan panen raya padi, para petani yang berada di Kecamatan Pulau Laut Timur khususnya Desa Langkang Baru menjadi lumbung padi,” kata Erawati.

Ardiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here