Sel. Des 1st, 2020

Koteka Resmi Jadi FKPSK

2 min read

BANJARMASIN, KK – Sempat vakum selama beberapa tahun, Komunitas Teater Kampus (Koteka) kini hadir dengan nama baru. Adalah Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus (FKPSK) yang merupakan metamorfosa Koteka mulai dari 2013 lalu.

Koteka yang terbentuk sejak 2002 sendiri sebenarnya merupakan perkumpulan dari berbagai lembaga seni yang ada di berbagai kampus di Kota Banjarmasin. Hanya saja, seiring berjalannya waktu komunitas ini mengalami kevakuma tanpa diketahui sebab-musababnya.

Sementara itu, keberadaan FKPSK tetap bertujuan untuk menyatukan seluruh komunitas seni yang ada di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Beberapa komunitas yang tergabung dalam FKPSK sendiri, yakni seperti Kampung Seni Budaya (KSB), Bahana, Ilalang, Himas Sindo, Sanggar Seni Demokrat (SSD), Himpunan Mahasiswa Seni Indonesia (Himasindo), dan Sanggar Titian Barantai (STB).

Untuk menjalin komunikasi dan bertukar ilmu antar anggota, komunitas naungan FKPSK ini mempunyai beberapa agenda rutin, baik bersifat agenda bulanan maupun agenda tahunan. Untuk agenda bulanan mereka mempunyai sistem penunjukkan tuan rumah bergilir. Untuk bentuk kegiatannya tak lain berupa latihan gabungan yang diselingi dengan materi seni.

Sementara untuk kegiatan tahunan, biasanya para anggota FKPSK ini melakukan kegiatan konvoi di sekitar siring serta menggelar karnaval budaya. Agenda rutin terakhir ini dilakukan untuk melestarikan kebudayaan daerah.

Reza Fahlepi, salah satu penanggung jawab FKPSK mengatakan, tujuan diadakannya forum ini tak lain untu terus mempererat tali silaturrahmi antara sesama pegiat seni. Selain itu, juga untuk melestarikan kebudayaan daerah secara bersama-sama.

“Agenda yang terpeting adalah hari teater sedunia atau disingkita Harta Dunia, yang jatuh pada tanggal 27 Maret. Dalam memperingati hari tersebut, kita melakukan karnaval budaya,” terang Reza kepada wartawan Kabar Kalimantan.

Pada 21 Agustus 2016, seluruh komunitas seni yang ada di Indonesia juga akan berkumpul di Banjarmasin. Acara temu teman se Nusantara ini memang sengaja digarap FKPSK untuk sebuah event seni. “Kegiatan ini akan menampilkan sejumlah pertunjukkan karnaval budaya, di mana tiap-tiap daerah menunjukkan ciri khas budayanya,” tutup Reza. msi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.