KPH Cantung Amankan Puluhan Kubik Ulin Ilegal

844

KabarKalimantan, Kotabaru – Patroli rutin yang dilakukan oleh pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung beserta anggotanya berhasil menangkap belasan kubik kayu ulin tanpa adanya legalitas, berupa surat dokumen resmi dari pihak dinas kehutanan.

Kasi Perlindungan Hutan Dani Prasetya mengatakan, olahan kayu ulin ilegal berbagai jenis ukuran itu diamankan di tiga lokasi terpisah dan pada waktu berbeda.

Pada 21 Maret, pihaknya mengamankan satu unit dump truk bermuatan 4 kubik kayu ulin di sekitar Jalan Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir. Kemudian 5 kubik lagi diamankan di Desa Lalapin, Kecamatan Kelumpang Hulu.

Namun, lanjut Dani, kedua sopir dump truk yang bermuatan kayu ulin itu telah melarikan diri dan membawa kunci kontaknya, sehingga pihak kph cantung tidak bisa membawa mobil dump truk itu.

“Adapun barang bukti kayu ulin olahan berbagai jenis ukuran  itu dibongkar dan kini sudah diamankan di halaman KPH Cantung sebelum nantinya diserahkan ke Banjarmasin untuk dilelang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPH Cantung Munandar mengharap, giat patroli rutin yang dilakukan oleh pihaknya selama ini dapat memberikan efek sadar kepada para pelaku ilegal logging, dan dapat menggurangi adanya pelanggaran tindak pidana di daerah Kelumpang Hulu dan sekitarnya.

Reporter: Slamet Riadi/Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here