Jum. Feb 21st, 2020

KPH Kusan Kembali Reboisasi Hutan Tandus

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan melakukan penanaman kembali atau reboisasi hutan yang kondisinya sudah gundul dan tandus.

Kepala KPH Kusan Munandar melalui Kepala Seksi Perlindungan Hutan Dawan mengatakan, program Reboisasi Hutan Lahan (RHL) kritis ini sudah dilaksanakan pada 2019 lalu dengan lahan seluas 50 hektare di kawasan Mangkalapi, Kecamatan Kusan Hulu.

Kemudian pada 2020 ini, KPH Kusan kembali mendapatkan kucuran dana APBD Provinsi Kalsel untuk melanjutkan program RHL di Kecamatan Satui dengan luas lahan 50 hektare.

“Program RHL ini dikerjakan secara swakelola oleh kelompok tani hutan (KTH) yang bermukim di daerah sekitar. Pelaksanaan RHL ini diprioritaskan pada kawasan hutan produksi yang tidak produktif lagi,” terangnya, Rabu (5/2/2020).

Ia menjelaskan, program RHL ini bertujuan untuk menyelamatkan hutan yang  gundul, akibat adanya penebangan liar. “Kawasan hutan produksi yang akan direboisasi mencapai ribuan hektare, tersebar di beberapa titik wilayah Kabupaten Tanah Bumbu ini akan terus dikerjakan secara bertahap,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mengawal dan mengawasi secara rutin program RHL ini untuk memastikan tanaman yang ditanam tersebut benar-benar tumbuh.

“Kami menargetkan tidak hanya melakukan penanaman pohon di beberapa wilayah yang menjadi sasaran dan tanggung jawab, melainkan lahan kritis lain yang terdapat di sekitar masyarakat,” ungkapnya.

Dalam rangka menyukseskan program ini, lanjutnya, pihaknya secara terbuka menerima pengajuan dari masyarakat untuk bantuan berbagai macam bibit tanaman.

Adapun jenis bibit tanaman yang disediakan, diantaranya pohon mahoni, jengkol, petai dan trambesi.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.