Sab. Jan 23rd, 2021

KPU Balangan Gelar Debat Publik Pilkada Balangan Sesi Kedua

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – KPU Balangan kembali mengelar debat publik paslon Pilkada Balangan 2020 yakni calon bupati dan wakil bupati Balangan, nomor urut 1 Abdul Hadi-Supiani (HAS) dan nomor urut 2 Ansharuddin-Iswan (ANIS) di Aula Inspektorat, Sabtu (28/11).

Pada debat kedua ini, visi misi dan argumen disampaikan para calon wakil bupati dengan saling mengajukan pertanyaan.

Debat publik kai ini membahas tema “Menyelaraskan Pembangunan dan Memperkokoh Kebangsaan dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Sesi pertama para paslon diberikan pertanyaaan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Balangan.

Pertanyaan tersebut dijawab pertama oleh paslon nomor urut 1. Calon wakil bupati H Supiani memaparkan langkah penanganan dengan penggratisan masker, penelusuran penyebaran dan penanganan pasien Covid-19 secara menyeluruh.

Sedangkan paslon nomor urut 2 yang dijawab calon wakil bupati M Nor Iswan memaparkan bahwa penanganan Covid-19 di Kabupaten Balangan sebelumnya sudah baik dilakukan. Itu terbukti dengan minimnya kasus meninggal dan banyaknya pasien sembuh. dalam artian langkah penanganannya cukup dilanjutkan serta ditambah strategi baru.

Dalam debat publik ini, para paslon Wakil Bupati unjuk suara menyampaikan visi dan misi dan saling melempar pertanyaan.

Calon wakil bupati nomor 2 H Supiani melempar pertanyan terkait lambatnya pembangunan di Balangan. Salah satunya pembanguan jembatan kembar dan bantuan rumah layak huni dimana saat ini dinilainya masih kurang.

Pertanyaan terrsebut dijawab cawabup nomor 2 Nor Iswan yang menilai bahwa proyek pembangunan itu perlu perencanaan, koordinasi bersama, dan kadang ada permasalahan di lapangan terutama terkait anggaran.

Terkait bedah rumah, Iswan sejalan bahwa di visi misi nomor urut 2 program pemenuhan layak huni ini jadi program prioritas mereka jika terpilih nanti.

Berganti melempar pertanyaan, cawabup nomor urut 2 mempertanyakan Jargon yang dipakai paslon nomor urut 1 yakni “Asli Orang Balangan” yang dinilainya menggunakan politik identitas.

Hal ini dipertanyakan nya untuk memperjelas agar di masyarakat Balangan yang beragam tidak merasa terkotak-kotakan.

Pertanyaan ini pun dijawab cawabup nomor 2, H Supiani sedikit ngambang dan menjawab dengan menjelaskan sejarah Balangan. Namun dia membantah bahwa mempersoalkan kedaerahan dengan jargon “Asli Orang Balangan”.

Di sesi lain, debat pun berlangsung sengit dimana paslon nomor 1 HAS menekankan akan adanya indikasi tindakan KKN di Balangan dan bejanji tidak akan melakukan tindakan tersebut bila HAS terpilih nanti.

Sedangkan pasangan ANIS dimana cabup H Ansharuddin sebagai petahana menilai sudah banyak perkembangan pembangunan di Balangan, tinggal melanjutkan program yang sudah dijalankan dengan ditambah program prioritas yang disusun dalam visi misi ANIS.

Reporter: FM Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.