KPU Balangan Verifikasi 13 Parpol

1 min read
31

KabarKalimabyan, Paringin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan menggelar verifikasi faktual terhadap parpol yang pernah mengikuti Pemilu 2014. Ada 13 parpol yang akan diverifikasi untuk keikutsertaannya di Pemilu 2019.

Verifikasi faktual parpol tingkat pusat dan provinsi akan dilakukan pada 28-30 Januari 2018. Sementara itu, untuk tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada 30 Januari-1 Februari 2018.

Sesuai jadwal di KPUD Balangan, Selasa (30/1) pukul 09.00 Wita akan melakukan verifikasi faktual sebanyak 6 partai, diantaranya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Garindra dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Baca Juga :   Plt Gubernur dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel Kunjungi Bumi Sanggam

Kemudian pada pukul 14.00 Wita, ada 7 partai, yakni partai Hanura, PKS, PKPI, PKB, Nasdem, PPP dan partai Garuda. Sebelumnya, KPU menerapkan sistem undian untuk menentukan komisioner yang akan memverifikasi parpol. Pengundian ini dilakukan secara terbuka tanpa intervensi dari parpol.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Segera Kucurkan Dana Hibah 2020 untuk Tempat Ibadah dan Majelis Ta'lim

“Kami sengaja tidak menentukan dari awal. Kami sengaja melakukan pengundian untuk menentukan komisioner bersama tim verifikasi akan melakukan verifikasi ke partai tertentu tanpa ditentukan dan dipilih oleh mereka sendiri,” ujar Ketua KPU Balangan H Usman, Selasa (30/1) kepada awak media.

Baca Juga :   Polisi Balangan Tangkap Pelaku Ilegal Logging

Ditambahkannya, dalam verikasi faktual parpol, masing masing tim KPU didampingi tim Panwaslu.

“Verifikasi secara faktual ini yang meliputi tiga komponen. Yakni, kepengurusan inti di tingkat, keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, dan domisili kantor yang dapat digunakan sampai tahapan pemilu berakhir,” imbuh Usman.

F. M HIDAYATULLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *