Ming. Jan 24th, 2021

KPU: Jumlah Kursi Dapil di Banjarmasin Bergeser

1 min read

Pemilih difabel ketika menggunakan hak politiknya di TPS saat Pilkada Barito Kuala Februari 2017. Redkal.com/Diananta Putra

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin, Bambang Budiyanto, mengatakan ada kemungkinan alokasi kursi legislatif beberapa daerah pemilihan (dapil) di Kota Banjarmasin akan bergeser ketika pemilu legislatif 2019.

Menurut Bambang, sebagian dapil mendapat tambahan kursi dan sebagian dapil lagi berkurang. Adapun penduduk Banjarmasin saat terhitung 647.003 jiwa. “Jumlah keseluruhan tetap 45 kursi,” kata Bambang kepada KabarKalimantan belum lama tadi.

Penamabahan jumlah kursi terjadi di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang sebelumnya 10 kursi menjadi 11 kursi, dan Banjarmasin Utara yang sebelumnya 9 kursi menjadi 10 kursi. “Angka penduduk naik, otomatis jumlah kursinya bertambah,” ujar Bambang.

Sementara di Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Tengah ada penurunan jumlah kursi legislatif. Banjarmasin Timur, misalnya, yang sebelumnya 9 kursi berkurang ke 8 kursi. Begitu pun di Banjarmasin Tengah, yang sebelumnya 7 kursi menjadi 6 kursi.

“Hanya Banjarmasin Barat yang tidak mengalami perubahan. Yakni 10 kursi,” ucap Bambang.

M. ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.