KPU Kalsel Nyatakan Enam Balon DPD RI Memenuhi Syarat Dukungan

332

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel Edy Ariansyah menyatakan sebanyak 6 dari 19 bakal calon (Balon) anggota DPD RI Dapil Kalimantan Selatan telah memenuhi syarat (MS).

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI Pemilu 2019 yang dilaksanakan di Hotel G-Sign, Banjarmasin, Kamis (28/6/2018) malam mengatakan, enam bakal calon yang telah memenuhi syarat dukungan yakni, Syaifullah Tamliha, Sayid Zakaria Bahasyim, Samsani, M Sofwat Hadi, Hasanuddin Murad dan Habib Abdurrahman Bahasyim.

Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banjar ini menambahkan, meski dalam rapat tersebut sempat ada permintaan penjelasan dari Bawaslu Kalsel kepada KPU Barito Kuala terkait pendukung yang belum ditemui karena tidak berada di wilayah administrasi sebagaimana alamat pendukung. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah.

Sebab, KPU Barito Kuala menggunakan tekhnologi informasi dalam memastikan yang bersangkutan mendukung atau tidaknya bakal calon. ”Dapat diselesaikan dengan cepat oleh KPU Barito Kuala, dikarenakan yang bersangkutan mengakui bahwa mendukung bakal calon yang ada, terkait rekapitulasi,” ucap Edy.

Baca Juga :   KPU Kalsel Bantah Telah Terjadi Pergeseran Suara

Edy berpesan, bagi 13 bakal calon yang tidak memenuhi syarat, masih memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan syarat dukungan hingga 24 Juli 2018.

Ia mengingatkan, perbaikan yang dialukan bakal calon nantinya harus melalui tahapan awal yakni, tetap mengajukan syarat dukungan melalui aplikasi SIPPP. Setelah itu, dilanjutkan dengan salinan atau dokumen asli disampaikan kepada KPU Provinsi Kalsel.

“Proses selanjutnya dilakukan penelitian administrasi terhadap syarat dukungan tersebut dan penelitian syarat administrasi. Maka, jika memenuhi administrasi dilanjutkan dengan proses verifikasi faktual,” katanya.

Syahri Ramadhan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here