KPU Tanbu Ingatkan Caleg Terpilih Serahkan LHKPN

KabarKalimantan, Batulicin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu ingatkan para calon anggota legislatif (caleg) DPRD Tanbu terpilih untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sepekan sebelum pelantikan.

Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri mengatakan, peraturan tersebut telah tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota di Pasal 37 tentang LHKPN.

“Sebagaimana peraturan, calon terpilih wajib melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara,” jelas Makhruri, Jumat (12/7/2019).

Kemudian, lanjut Makhruri, pada ayat 2, tanda terima pelaporan harta kekayaan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 wajib disampaikan kepada KPU setempat, paling lambat tujuh hari setelah diterbitkannya keputusan KPU kabupaten/kota tentang penetapan calon terpilih sebagai anggota legislatif.

“Untuk caleg DPRD Tanbu terpilih saat ini belum ada yang menyerahkannya. Namun, saya yakin mereka pasti akan memenuhi persyaratan yang diminta tersebut. Karena ini ini merupakan suatu aturan yang sudah diterapkan,” tandasnya.

Baca Juga :   ODGJ Juga Punya Hak Pilih pada 'Pesta' Demokrasi

Seandainya, lanjut Makhruri, para caleg terpilih belum memenuhi persyaratan itu, maka pelantikannya akan ditunda.

“Itu merupakan aturan yang harus dipenuhi, dan kami harap bisa dipatuhi. Membuka kekayaan tersebut merupakan satu indikator yang paling minimal, yang terkait dengan kepatuhan dan integritas yang diharapkan,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here