Kam. Okt 22nd, 2020

KPU Tanbu Minta Pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tanbu Taati Peraturan Pemasangan APK

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – KPU Tanbu mengingatkan bagi para pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu agar tetap mentaati peraturan PKPU No 6 tahun 2020, tentang batasan jumlah baliho, spanduk dan umbul-umbul yang harus dipasang.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Makhruri mengatakan, berdasarkan PKPU, untuk baliho untuk bacalon yang difasilitasi oleh KPU untuk se-Kabupaten Tanah Bumbu hanya  sebanyak lima buah.

“Sementara untuk spanduk yang kita fasilitasi, di setiap desa atau kelurahan masing masing-masing sebanyak dua buah,” katanya, Senin (21/9/2020).

Adapun pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah di atur dalam PKPU itu, lanjutnya, pasangan bacalon hanya diperbolehkan memasang baliho sebanyak 200 persen dari jumlah baliho yang dipasang oleh KPU.

“Artinya, maksimal 10 baliho saja yang diperbolehkan untuk dipasang oleh para kandidat pasangan bacalon, selebihnya tidak boleh,” tegasnya.

Dalam PKPU Nomor 6 tahun 2020 itu juga diatur, baliho yang dipasang maksimal berukuran 4×7 meter, dan spanduk hanya 1,5×7 meter. “Jika melebihi batas itu, tidak dibenarkan dan jelas melanggar peraturan,” tegasnya.

Dijelaskannya, PKPU nomor 6 tahun 2020 memang sangat berbeda dengan PKPU nomor 4 tahun 2017 yang masih boleh memasang baliho 3 buah, 3 spanduk dan 20 umbul-umbul di setiap kecamatan.

“Dalam PKPU nomor 6 Tahun 2020, jumlah APK yang dipasang adalah 1 baliho per kecamatan dari masing-masing pasangan calon, kemudian umbul-umbul maksimal 10 buah, dan 1 spanduk untuk per kecamatan,” pungkasnya.

Saat ini, baliho-baliho kandidat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tanbu mulai marak terpampang di sejumlah sudut kota Batulicin dan Simpang Empat. Namun sayangnya, jumlahnya tak memerhatikan aturan PKPU Nomor 6 tahun 2020 itu. Sehingga, Bawaslu pun diminta proaktif.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.