Sen. Jul 6th, 2020

KPU Tanbu Siap Gelar Pilkada Serentak Kendati di Tengah Pandemi, Tapi Tetap Utamakan Protokol Kesehatan

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada 9 Desember mendatang, kendati pandemi virus corona masih berlangsung. Sementara untuk tahapan Pilkada serentak dijadwalkan pada Juli nanti.

Menyikapi hal itu, Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri mengatakan, pihaknya akan mengaktifkan kembali seluruh petugas PPK dan PPS di daerah. “Untuk pelaksanaannya nanti, kami akan tetap memerhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti yang dianjurkan pemerintah,” ujarnya kepada Redkal.com, Kamis (28/5/2020).

Terlepas dari penetapan jadwal pelaksanaan Pilkada serentak itu, Makhruri mengatakan, pihaknya belum menentukan batas waktu pembukaan dan penutupan pendaftaran para kontestan Pilkada baik dari partai politik maupun calon independen.

“Kami masih menunggu jadwal yang diputuskan dalam rapt yang digelar KPU Pusat. Yang jelas, saat ini untuk Pilkada Tanbu sudah ada dua pasangan calon independen yang mendaftar,” ucapnya.

Baca Juga :   M Nuh Minta Media Jaga Independensi Pada Pilkada 2020

Makhruri pun berharap, masyarakat dapat menaanti dan mematuhi anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona, baik mulai dari tahapan-tahapan Pilkada hingga waktu pelaksanaan pemungutan suara.

“Semoga tingkat kesadaran masyarakat sangat tinggi dalam mencegah penyebaran corona ini. Selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan physical distancing. Karena, sebagai pelaksana demokrasi kami tak ingin disalahkan jika muncul cluster baru,” tuturnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.