Ming. Apr 11th, 2021

KPUD Banjarmasin Tolak Berkas Verifikasi Partai Berkarya

2 min read

Proses verifikasi parpol peserta pemilu 2019 di KPUD Banjarmasin, Senin (9/10/2017). Redkal.com/ Nafiah Noor

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 sudah dimulai pada tanggal 3-16 Oktober 2017. Memasuki pekan kedua, baru dua partai politik mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Senin (9/10/2017).

Sedikitnya, ada 20 parpol yang sudah terdaftar resmi di Kesbangpol Banjarmasin. Dari angka itu, 12 parpol di antaranya berstatus partai lama yang punya kursi di dewan. Sedangkan sisanya, merupakan partai baru.

Ketua KPU Banjarmasin, Bambang Budiyanto, Senin (9/10/2017), mengatakan 8 partai baru itu terdiri dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Persatuan Bangsa (PPB), Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Berkarya, dan Partai Republik.

Menurut Bambang, sampai hari ketujuh sejak pendaftaran dibuka, baru dua parpol mendatangi sekretariat KPU Banjarmasin untuk melakukan pendaftaran dengan menyerahkan data dukungan keanggotaan.

Komisioner KPUD Banjarmasin, Khairunnizan, menuturkan parpol pertama yang mendatangi KPU Banjarmasin ialah Partai Berkarya. Selanjutnya, Partai Perindo Banjarmasin ke KPUD Banjarmasin.

KPU Banjarmasin meminta Partai Berkarya menyempurnakan berkas yang diserahkan. Sebab menurut Khairunnizan, berkas Partai Berkarya yang terdiri dari salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, belum sesuai prosedur. Ia meminta Partai Berkarya secepatnya mendaftarkan kembali.

Khairunnizan mengatakan, kepengurusan pusat Partai Berkarya belum mendaftarkan diri ke KPU pusat, meski sudah mengisi data pada sistem informasi partai politik (sipol).

“Proses pendaftaran terpusat. Dari daerah mengirim data ke pusat berupa rekap data anggota. Pusat mengisi sipol di KPU pusat. Setelah itu, partai di daerah menyerahkan bukti sesuai dengan yang termasuk di sipol di KPU daerah,” katanya.

Itu sebabnya, KPU Banjarmasin agak kesulitan memeriksa berkas yang diserahkan Partai Berkarya. “Jumlahnya sudah sama, tapi urutannya yang belum sama. Jadi kami minta mereka untuk menyesuaikan dulu,” katanya.

Setelah Partai Berkarya, datang pengurus DPD Perindo Banjarmasin. KPUD Banjarmasin telah menerima berkas verifikasi Partai Perindo. DPD Perindo Banjarmasin menjadi partai pertama yang resmi terdaftar di KPUD Banjarmasin.

Khairunnizan mengimbau parpol tidak mendaftar mendekati tanggal 16 Oktober menghindari penumpukan verifikasi. “ Karena masa pendaftaran sudah memasuki minggu kedua sebelum ditutup pada 16 Oktober mendatang. Semoga tidak ada waktu krisis,” katanya.

M. ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.