Menu

Mode Gelap

Iptek · 4 Nov 2021 13:53 WIB ·

Kriteria Guru Ideal dalam Mengajar Bahasa Inggris


 Kriteria Guru Ideal dalam Mengajar Bahasa Inggris Perbesar

GURU memiliki peran penting dalam proses pendidikan. Keberhasilan sebuah generasi merupakan salah satu peranan guru. Menjadi guru ideal adalah tujuan bagi semua guru. Kriteria untuk menjadi ideal bagi guru itu relatif dan tergantung dari sudut pandang yang digunakan oleh setiap orang. Begitu pula ketika menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Setiap guru yang mengajar pelajaran Bahasa Inggris memang terlihat mudah akan tetapi sulit jika di terapkan terlebih lagi bagi para siswa.

Penyebab yang jadi masalah adalah bagaimana cara guru mampu membuat materi Bahasa Inggris yang diajarkan dapat di terima siswa dengan baik dan maksimal dan ada respon positif dari siswa. Disini saya menggunakan sudut pandang saya sendiri sebagai seorang siswa dan Mahasiswa. Menurut saya ada beberapa kriteria guru ideal dalam mengajar Bahasa Inggris sehingga membuat kelas menjadi menyenangkan dan nyaman.

Seorang guru Bahasa Inggris yang ideal menurut saya adalah guru yang mampu membuat sebuah model pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik dan kreatif dengan cara mengajar yang asik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Dengan hal ini, guru dapat membuat kesan pertama yang menyenangkan bagi siswa yang baru belajar Bahasa Inggris menjadi lebih tertarik dalam belajar dan suasana kelas pun akan terasa lebih ‘hidup’ dan siswa dapat menikmati setiap proses belajar mengajar di dalam kelas.

Baca Juga :   Menciptakan Suasana Menyenangkan di Lingkungan Kerja

Sebaiknya, sebelum memberikan materi guru dapat mengawali dengan lagu, menonton video berbahasa inggris ataupun bermain game seusai dengan tema pembelajaran bahasa inggris yang sedang dipelajari. Dengan adanya warming up berupa kegiatan seperti ini, secara psikologis akan memberikan semangat kepada siswa dalam menerima materi pelajaran baru dan juga siswa tidak merasa bosan dan kelas menjadi tidak terasa monoton.

Selain itu, seorang guru Bahasa Inggris yang ideal adalah yang dapat mengaplikasikan Bahasa Inggris secara langsung dikelas yaitu guru dapat menggunakan beberapa ungkapan-ungkapan dan ekspresi dalam bahasa inggris misalnya seperti memberi greeting, mengungkapkan perasaan, menanyakan hari dan waktu, dll. Dengan kebiasaan-kebiasaan yang berulang seperti ini dapat melatih siswa menggunakan Bahasa Inggris secara langsung dan dapat menambah vocabulary siswa setiap harinya. Tidak hanya mengandalkan kegiatan di kelas, menurut saya seorang guru juga harus mampu bersifat open minded. Guru yang terbuka terhadap siswa dan memiliki pemikiran yang luas akan mampu menjalin komunikasi dengan baik kepada siswa.

Baca Juga :   Hidup Berprestasi untuk Menyongsong Masa Depan

Dalam mengajar Bahasa Inggris, sangat di butuhkan sekali guru yang mampu memahami siswa dengan baik sehingga guru dapat mengetahui perkembangan siswa dalam pembelajaran dan apa saja yang harus di perbaiki dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Selain itu, dalam pembelajaran Bahasa Inggris juga dibutuhkan seorang guru yang mampu memotivasi siswa dalam proses belajar. Karena seperti yang kita ketahui banyak sekali siswa yang beranggapan bahwa Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh sebab itu, cara ajar dan motivasi seorang guru sangat dibutuhkan untuk mendorong minat belajar siswa.

Ketika guru lebih terbuka, siswa pun akan lebih merasa dekat dengan guru sehingga mereka pun bebas berekspresi dalam mengungkapkan pendapat mereka. Guru yang cenderung terlalu formal dan membatasi diri justru membuat siswa merasa enggan untuk belajar dengan terbuka. Siswa merasa takut dan malu ketika mengungkapkan pendapat mereka. Jadi, sebenarnya ada banyak metode dan sikap yang harus diambil oleh seorang guru di dalam kelas terutama dalam mengajar Bahasa Inggris.

Baca Juga :   Kehidupan akan Bermakna Jika Dilandasi dengan Nilai Kebajikan dan Kemuliaan

Dengan memperhatikan hal ini, siswa dapat menerima materi Bahasa Inggris dengan menyenangkan tanpa paksaan dan tekanan, karena menurut pengalaman saya sebagai seorang siswa, saya percaya bahwa bila siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pelajaran maka besar kemungkinan bagi mereka akan menyerap dan menerima materi yang guru sampaikan dengan baik.

Cara ajar yang menarik ini pun sangat penting sekali bagi seorang guru Bahasa Inggris, karena saya merasakan sendiri ketika saya belajar Bahasa Inggris di sekolah, saya beruntung sekali mendapatkan guru yang mampu mengajar bahasa Bahasa Inggris dengan baik dan menyenangkan. Hal ini membuat saya menjadi termotivasi dan penasaran ingin memperdalam ilmu Bahasa Inggris. Oleh karena itu, saya menjadi suka sekali dengan Bahasa Inggris dan saat ini akhirnya saya pun dapat masuk kedalam jurusan yang saya senangi ini.

Oleh: Fauzi S.Pd
Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri Batulicin

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi

26 November 2021 - 15:33 WIB

Guru Sekaligus Pengusaha

22 November 2021 - 20:28 WIB

Pentingnya Alat Peraga dalam Pendidikan

21 November 2021 - 20:34 WIB

Covid-19 dan Ketidaksetaraan dalam Proses Belajar di Indonesia

19 November 2021 - 13:52 WIB

Suka Duka Menjadi Guru Sekolah Dasar, Meski Harus Ekstra Sabar Tapi Menyenangkan

18 November 2021 - 01:07 WIB

Kesiapan Sekolah Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

18 November 2021 - 01:04 WIB

Trending di Iptek