Sab. Jul 4th, 2020

KSOP Kotabaru Utamakan Keselamatan Kapal dan Penumpang

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru/Tanah Bumbu hadir sebagai regulator di pelabuhan yang bernaung pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk menjamin terselenggaranya kegiatan kepelabuhanan dan keselamatan pelayaran sebagai bagian dari fungsi KSOP.

Kasi Status Hukum Sertifikasi Kapal (SHSK) KSOP Kotabaru/Tanah Bumbu Suripto mengatakan, KSOP di daerah ini untuk menciptakan pelayanan prima, dan juga mendukung kelancaran transportasi laut di pelabuhan Kotabaru dan Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk keberangkatan kapal laut, selama ini pihak KSOP tak pernah lepas koordinasi dengan pemandu cuaca yakni, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). “Hal itu kami lakukan karena kami sangat mementingkan keselamatan kapal dan penumpangnya,” jelasnya kepada Redkal.com, Jumat (12/21/2019).

Tak hanya itu, lanjut Suripto,  kehadiran KSOP juga merupakan bagian dari tulang punggung kehidupan perekonomian masyarakat yang ada di dua wilayah Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu. Pasalnya, semua penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kapal yang berstandar nasional harus berdasarkan rekomendasi KSOP.

“Memang, untuk pelayanan penerbitan perizinan (SPB) kami masih tergolong sederhana. Tetapi, pada 2020 mendatang, semua permohonan perizinan kapal bisa di akses langsung melalui situs internet, sehingga semua pelayanan dapat berjalan efektif dan efisien,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.