Kunjungan Setneg, Tanah Bumbu Jadi Ibu Kota Negara?

KabarKalimantan, Banjarmasin – Rencana pemindahan ibu kota Indonesia yang digadang – gadang ke Pulau Kalimantan terus dimatangkan. Di Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru menjadi alternatif kuat di antara 13 kabupaten/kota lain.

 

Tim Sekretariat Negara (Setneg) sudah berkunjung ke Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Rabu (12/7/2017). Tapi, tim Setneg batal mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu seperti rencana awal.
Kepala Bappeda Tanah Bumbu, Rachmadi Rachman mengatakan kedatangan tim Setneg sejatinya bertujuan mengkaji calon lokasi dan kelayakan wilayah.

“Tim ini telah melakukan kajian di Kalteng dan hasilnya masih kurang layak untuk menjadi Ibukota Negara, oleh sebab itu dicari alternatif lain yakni Tanbu Kalsel ini,” ujar Rachmadi, Rabu (12/7/2017).

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tanah Bumbu, Ardiansyah, membenarkan ada rencana rombongan Sekretariat Negara melakukan peninjauan ke Tanah Bumbu.

“Informasi yang kami terima ada tiga pejabat tinggi dan beberapa staf yang datang ke Tanbu. Mereka akan melakukan peninjauan selama tiga hari,” ucapnya.
Namun, sumber KabarKalimantan mengkonfirmasi bahwa tim Setneg batal ke Tanah Bumbu. “Batal ke Batulicin, mereka sebenarnya hanya silaturahmi ke Pak Gubernur,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Selatan, Ahmad Sofiani.

Pemerintah daerah menyiapkan penyambutan tim Setneg karena Kalsel salah satu calon ibu kota Negara Indonesia.

“Informasi terakhir Palangkaraya yang sempat menjadi calon Ibu Kota Negara gagal karena tidak memenuhi syarat. pasalnya daerah tersebut didominasi dengan daerah gambut. Sedangkan untuk kabupaten Tanah Bumbu tanahnya terbilang keras sehingga dianggap layak,” kata Ardiansyah.
Reporter: Muhammad Rizal Khalqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here