Ming. Feb 28th, 2021

Kuota Jumlah Komisioner KPU Berubah

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di Kalsel dibuka pada 2-12 Maret 2018.

Berbeda dengan periode sebelumnya, jumlah kuota anggota KPU di kabupaten/kota terjadi perubahan. Beberapa kabupaten/kota hanya memerlukan tiga orang komisioner.

Ketua Timsel Kalsel I Setia Budi mengatakan, hal tersebut berdasarkan jumlah penduduk dan luas geografis daerah. Namun menurutnya, sejumlah kabupaten/kota masih memerlukan lima orang komisioner yakni Kabupaten Banjar, Banjarmasin, dan Kotabaru.

“Daerah kabupaten/kota yang lainnya hanya tiga orang komisioner,” kata Setia Budi kepada Kabar Kalimantan, Senin (26/2/2018).

Setia Budi menjelaskan, Timsel ditunjuk langsung oleh KPU RI. Kuota jumlah komisioner tersebut juga merupakan ketentuan yang ditetapkan oleh KPU RI.

Terkait persyaratan, Setia Budi menuturkan calon pendaftar harus berusia minimal 30 tahun. Masyarakat hanya boleh mendaftarkan diri pada KPU kabupaten/kota sesuai dengan domisili yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

“Pendaftar bukan merupakan anggota partai politik dalam jangka waktu lima tahun,” tambah Setia Budi.

Sedangkan untuk aparatur sipil negara (ASN), Ketua Timsel Kalsel II Ihsan Anwari mengatakan boleh mengikuti pendaftaran dengan melampirkan izin dari atasannya. Jika berhasil lolos, maka ASN bersangkutan harus menyertakan keterangan cuti selama masa jabatannya sebagai komisioner.

“Pendaftar yang lolos dalam seleksi nanti akan segera bertugas,” tegas Ihsan Anwari.

M ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.