Sen. Jul 6th, 2020

Lagi, Balangan Canangkan Lima Desa Sebagai Kampung Tangguh Banua

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Bupati Balangan H Ansharuddin melakukan launching Kampung Tangguh Banua di Desa Riwa, Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Senin (29/6/2020).

Selain di Desa Riwa, empat desa lainnya yakni Desa Liyu, Kecamatan Halong, Desa Merah, Kecamatan Awayan, Desa Tawahan, Kecamatan Juai dan Desa Tanah Habang Kanan, Kecamatan Lampihong juga dijadikan Kampung Tangguh Banua.

Kepala Desa Riwa, Kecamatan Batumandi Ardiansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Balangan dan Polres Balangan yang mempercayakan Desa Riwa sebagai Kampung Tangguh Banua

“Sebagai kampung tangguh, kami juga sudah melaksanakan sosialiasi dan menyampaikan informasi tentang Covid-19 kepada masyarakat. Langkah pencegahan pun gencar dilaksanakan, seperti pemeriksaan warga yang masuk desa dan penyemprotan cairan disikfektan,” terangnya.

Ardiansyah mengatakan, dana yang dipakai dalam penanganan Covid-19 di Desa Riwa sementara ini menggunakan angaran desa yang diambil dari dana desa khususnya dana kegiatan fisik yang belum sempat digunakan .

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid berharap agar lima Kampung Tangguh Banua ini bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembentukannya, yakni untuk menangkal penyebaran Covid-19 dari bawah yakni dari desa.

“Saya harap kampung tangguh ini bisa real pelaksanaannya di lapangan. Karena faktanya di Balangan sendiri kasus Covid-19 masih meningkat. Jadi, ini perlu sinergitas dan kerjasama seluruh stakeholder baik pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten,” tandasnya.

Kapolres juga berharap Kampung Tangguh Banua ini menjadi pelopor bagaimana penerapan upaya pencegahan dan imbuhan untuk memutus mata rantai Covid-19 di tingkat desa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Balangan H Ansharuddin mengapresiasi atas dibentuknya Kampung Tangguh Banua yang diinisiatori oleh Polres Balangan, dan dinilai bisa membantu mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Balangan.

“Kami, melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 bekerja keras untuk penanganan wabah Covid-19 ini. Kerja keras ini pun masih perlu bantuan semua elemen termasuk dari masyarakat desa,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ansharuddin juga memberikan hadiah kepada desa yang benar-benar melaksanakan tujuan Kampung Tangguh Banua. Hal itu bertujuan untuk memberikan semangat kepada petugas desa dan masyarakat dalam upaya memerangi wabah Covid-19.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.