LAHP Ditolak, Ombudsman Pusat akan Datangi Walikota

225

KabarKalimantan, Banjarmasin -Ombudsman RI Pusat dijadwalkan datang ke Banjarmasin Agustus ini. Tujuannya tidak lain untuk menemui Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina guna melakukan rekonsiliasi soal konflik pembebastugasan Hamli Kursani selaku Sekdakot Banjarmasin.

“Antara 6-10 Agustus mendatang, Ombudsman pusat akan berada di Banjarmasin. Selebihnya dikoordinasikan dari Jakarta,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid, Jumat (27/7).

Rekonsiliasi yang dilakukan sebagai tindaklanjut atas penolakan Pemkot terhadap Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) tertanggal 22 Mei yang disampaikan Ombudsman RI Perwakilan Kalsel kepada walikota.

Selain itu, kabarnya pemeriksaan Hamli atas dugaan indispliner yang dilakukannya juga sudah selesai dilakukan. Akan tetapi Inspektorat enggan untuk memberikan informasi terkait hasil pemeriksaan tersebut.

“Hasil pemeriksaan sudah kami serahkan kepada Majelis Pertimbangan Penjatuhan Hukuman Disiplin Pegawai. Jadi silakan saja konfirmasi ke Syaffri Azmi,” ujar Kepala Inspektorat Banjarmasin James Fudhoil Yamin.

Baca Juga :   Banjarmasin Juara Umum MTQ ke XXXI

Sayangnya, saat di konfirmasi melalui pesan singkat. Syaffri yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) malah terkesan mempimpong media. “Iya, silakan saja konfirmasi kepada inspektur,” ujarnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, Ombudsman RI pusat telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelum melakukan rekonsiliasi.

Seandainya setelah rekonsiliasi dilakukan, akan tetapi Ibnu Sina tetap tidak mau melaksanakan LAHP tersebut, Ombudsman Pusat terpaksa mengeluarkan rekomendasi sebagai proses lanjutan. “Begitu prosesnya sesuai peraturan Ombudsman,” katanya.

Diminta tanggapan, Ibnu tampak dingin mengomentari soal permasalahan LAHP tersebut. Menurutnya, persoalan itu sudah selesai seiring dengan penolakan yang disampaikan Inspektorat sebelumnya. “Kan sudah kemarin,” ucap Ibnu singkat.

M Syahbani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here