Lamut? Pelajar Dibuat Penasaran

74

KabarKalimantan, Banjarmasin – Mahasiswa Pendidikan Seni Tari STKIP Banjarmasin punya cara sendiri mengenalkan kesenian Lamut pada pelajar. Menanamkan rasa penasaran, jawabannya nanti saat mereka menggelar pertunjukkan.

 

Kesenian Lamut memang sudah sangat jarang dilaksanakan. Maklum saja jika generasi terkini di sekolah menengah cukup asing dengan jenis seni tradisional satu itu.

 

Ketika Mahasiswa Pendidikan Seni Tari STKIP Banjarmasin menggelar lawatan seni di sejumlah sekolah, asingnya kesenian Lamut di telinga pelajar nyata sekali. “Ga ada yang tau,” kata Milen, salah satu mahasiswa STKIP Banjarmasin yang diberi tanggungjawab mengelola publikasi.

 

Lawatan seni yang mereka gelar di SMK 2 dan MAN 2 Banjarmasin pada Senin (20/11/2019) itu dibungkus dengan pengenalan beberapa tarian tradisional. Mahasiswa Pendidikan Seni STKIP Banjarmasin mengajarkan pelajar di sana sejumlah gerakan dasar tarian Tirik Lalan. Di sela-sela pertemuan itu, mereka menanyakan kesenian Lamut pada para pelajar.

Baca Juga :   STKIP PGRI Banjarmasin akan Hadirkan Kisah Pangeran Samudera

 

Memang ada misi terselubung dari lawatan seni itu. Mahasiswa Pendidikan Seni Tari STKIP Banjarmasin punya rencana pertunjukkan rutin yang akan digelar pada Februari 2020 nanti. Mereka mengangkat kesenian Lamut.

 

Soal Lamut tak dijelaskan dengan rinci saat itu. Pelajar di dua sekolah tersebut diajak untuk menyaksikan pergelaran yang akan mereka laksanakan nanti.

 

Reporter : M Ali Nafiah Noor

Editor : Suhaimi Hidayat 

Penanggungjawab : M Ridha

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here