Ming. Feb 28th, 2021

Lapak Pasar Kesatriaan Digratiskan

2 min read

BANJARMASIN, KK – Pemerintah Kota Banjarmasin memastikan akan menggratiskan lapak-lapak untuk pedagang pasar tradisional Kesatriaan di kawasan komplek pasar A Yani II Veteran Banjarmasin.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Khairil Anwar mengatakan bahwa pasar yang pembangunannya menghabiskan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp1,8 miliar tersebut, nantinya akan diberikan secara cuma-cuma kepada pedagang yang memang sudah di data sebelumnya.

Ia tidak menginginkan jika tempat tersebut nantinya disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti jual beli lapak untuk mencari keuntungan yang seharusnya diserahkan secara gratis.

“Sesui data kita, jangan sampai terjadi yang tidak diinginkan. Kalau A yang menerima A yang mengunakan, tidak boleh diwakilkan” tegasnya kepada wartawan di balai kota, Kamis (12/1/2017).

Untuk data pedagang yang akan mendapatkan lapak berjumlah 278 orang, itu terdiri dari tiga jenis tempat, yaitu lapak loose rolling door untuk penjual barang pokok, kemudian loose basah untuk penjual ikan, dan loose sayur. Itu sesui data para pedagang asal, yang dulunya menempati tempat tersebut sebelum pasar direnovasi.

“Kami tidak membuka peluang penambahan lapak atau pedagang, semuanya pedagang yang sejak awal atau mulai dulu berjualan disana,” ucapnya.

Dikatakannya, saat ini untuk lokasi pasar itu telah dibagi atau diatur berdasarkan jenis barang dagangan yang dijual para pedagang. Sehingga dengan pembenahan dan penataan kembali lokasi pasar itu, maka tidak lagi terkesan kumuh atau kotor, dan pedagang serta pembeli bisa bertransaksi jual-beli dengan nyaman. 

Direncanakan pada Sabtu (14/1/2017) nanti, proses peresmian pasar akan dilakukan oleh Wali kota Banjarmasin, dan mulai saat itu para pedagang sudah bisa menempati dan resmi kembali berjualan di pasar yang menjadi salah satu titik aktivitas perdagangan tradisional yang cukup ramai. bur/ara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.