Launching Pilkada 2020, KPU Balangan Perkenalkan Boneka Kalulut sebagai Maskotnya

24

KabarKalimantan, Paringin – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Balangan sudah mulai terasa. Dimulainya tahapan pesta demokrasi ini ditandai dengan Launching Pilkada Serentak 2020 dan maskot binatang Kalulut oleh KPU Kabupaten Balangan di Lapangan RYH Dispora Balangan, Kamis (12/12/2019).

Ketua KPU Balangan Saripani sangat optimistis Pilkada Balangan bisa terlaksana tepat waktu dan dengan baik. Pun demikian, ia mengaku untuk mewujudkan semua itu pasti tidaklah mudah, perlu kerja keras dan kekompakan, baik dari pelaksana maupun elemen masyarakat.

“Memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat masih perlu dilakukan agar Pilkada serta demokratisasi di daerah kita lebih baik,” ucapnya.

Lebih jauh, Saripani menutukan, pihaknya tidak menutup mata bahwa selama ini masih harus berupaya meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan umum, dan juga tidak menutup mata bahwa masih banyak pihak yang memengaruhi pemilih untuk bertindak tidak sesuai nurani dan kepentingan bersama.

Terhadap hal-hal demikian, katanya, tentu saja bukan hanya tanggung jawab KPU semata, melainkan tanggung jawab semua pihak, seluruh elemen yang berkepentingan dalam pemilihan umum, dan siapapun yang mendukung negara ini menerapkan sistem demokrasi.

Dalam launching ini pula, jelasnya, pihaknya mengenalkan maskot dan jingle Pilkada Balangan tahun 2020. Maskot dan jingle ini merupakan hasil dari sayembara yang diadakan oleh KPU Kabupaten Balangan beberapa waktu yang lalu. Adapun maskot yang dipilih ialah kalulut.

“Aktifitas kelulut yang berkoloni /bersama/bergotong royong tanpa ada pertentangan antara sesama untuk tujuan menghasilkan madu yang murni mencerminkan akan terlaksanya kegiatan Pilkada yang yang damai dan profesional untuk menghasilkan pemimpin yang terbaik. Seperti itulah filosofinya,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, Pilkada 2020 merupakan Pilkada serentak gelombang keempat yang dilakukan untuk kepala daerah hasil pemilihan Desember 2015 yang lalu.

Pilkada serentak akan diselenggarakan kembali pada 2020 mendatang, atau tepatnya pada Rabu 23 September 2020. Ada 270 daerah yang akan mengikuti pilkada serentak ini.

“Salah satunya adalah kabupaten kita tercinta, Kabupaten Balangan. Jadi kita harus kompak untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ansharuddin juga mengapresiasi KPU Balangan yang nantinya akan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyosialiasikan tahapan Pilkada 2020 ini dengan mendesain dan mengemas, serta mengonsep kegiatan sosialisasi dalam bentuk yang semenarik mungkin untuk menarik partisipasi masyarakat.

“Menyukseskan Pilkada di Balangan ini adalah tugas kita bersama, jadi kita bersama harus menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya demokrasi dalam Pilkada nanti,” harapnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here