Lembaga RSUD Sultan Suriansyah Segera Dibentuk

1182
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Plt Dinas Kesehatan Lukman Hakim saat menijau RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Lembaga RSUD Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin segera terbentuk menyusul diterbitkannya Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 23 Tahun 2019 tentang kelembagaan tersebut.

“Walikota sudah mengeluarkan Perwalianya. Artinya pembentukan lembaga ini sudah legal menurut perundang-undangan,” ucap Plt Dinas Kesehatan Banjarmasin, Lukman Hakim, Senin (11/3/2019).

Lantas kapan lembaga RSUD milik Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin itu mulai aktif? Pemkot rupanya tidak ingin terlalu mengulur waktu. Mengingat, target operasional dilakukan pada 24 September, tepat Hari Jadi Banjarmasin ke – 493.

“Besok (hari ini, red) kami akan rapat untuk merumuskan pembentukan lembaga ini. Yang hadir nanti BKD, badan keuangan, bagian hukum, bagian keorganisasian, dan tim yang terlibat di percepatan operasional rumah sakit,” lanjutnya.

Lukman mengungkapkan, untuk penyusunan struktur sudah dilakukan, terdiri dari direktur, kepala bagian perencanaan dan keuangan, kepala bidang pelayanan medik, dan kepala bidang kepegawaian. Langkah selanjutnya tinggal melakukan pengisian posisi tersebut.

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Komitmen Pertahankan PD PAL, Meski Cash Flow Rugi

“Jabatan tertinggi eselon IIA, kewenangannya full dari pemerintahan daerah. Jadi tim akan menyusun sesuai aturan,” imbuhnya.

Dia mencontohkan, untuk posisi bidang keperawatan misalnya harus sarjana keperawatan, kemudian bidang medik harus diisi oleh dokter. Sebab, jika tidak seperti itu tentu akan berpengaruh terhadap akreditasi RSUD. “Kalau tidak sesuai akreditasi akan turun,” ujarnya.

Selain orang-orang yang mengisi di bagian manajemen tersebut, yang tidak kalah penting juga soal pengisian di bagian fungsional. Mereka akan diambil dari para lulusan CPNS 2018 kemarin.

“Infonya Maret ini SK PNS mereka keluar. Tenaga sementara yang diperlukan 140 orang untuk operasional. Kemudian 100 tenaga kontrak nanti di perubahan. Sambil menunggu selesai pembangunan unit 3,” pungkasnya.

M Syahbani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here