Lestarikan Kebudayaan Banua melalui Festival Wisata Budaya Pasar Terapung

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalsel angkat seni dan budaya Banua melalui Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Jalan Jenderal Soedirman, Siring 0 Km Banjarmasin, Jumat (23/8/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, suatu bangsa yang besar itu adalah bangsa yang berbudaya. Dan Kalimantan Selatan adalah provinsi yang berperadaban dengan beraneka ragam tari-tarian, musik tradisional dan ciri khas teaternya seperti mamanda serta lain sebagainya.

“Jadi inilah budaya-budaya lokal yang sejatinya harus kita angkat dengan tidak melupakan bahwa sebenarnya kita mempunyai jati diri bangsa, yang diwariskan oleh para pendahulu kita. ” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin menambahkan, Festival Wisata Pasar Terapung yang merupakan salah satu dari 100 kalender of event nasional ini sebagai pemanasan menghadapi rencana kunjungan wisata 2020. “Saya minta ke depan panitia bisa lebih dahsyat lagi,” ucapnya.

Ia berharap, festival budaya ini dapat semakin mengangkat seni dan budaya untuk terus dilestarikan dan mendatangkan pengunjung untuk berdatangan ke Kalimantan Selatan. “Kalau ada pengunjung atau tamu, otomatis ada multi efeknya dari segi ekonomi,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli mengatakan, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 ini sebagai media atraksi budaya untuk menarik orang datang ke Banua. “Target pengunjung sekitar 5.000-an pengunjung,” kata Dahnial.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here