Libas PSBI Blitar 2-0, Peluang Martapura FC lolos Babak Selanjutnya Terbuka Lebar

2837

BANJARMASIN, KK – Martapura FC mengusung misi mengamankan 3 poin dalam lanjutan pekan Kelima grup 6 Liga 2, kala menjamu PSBI Biltar, Sabtu (13/5). Tampil dihadapan ribuan pendukungnya yang memadati stadion Demang Lehman, Martapura, tim berluk laskar Ultan Adam tersebut tanpa kesulitan melibas sang tamu dengan skor 2-0

Tampil trengginas sejak awal laga, Martapura FC membuka peluang pada menit 15 melalui kaki pemain tengah mereka, Rifan Nahumarury. Meski sudah berhadapan 1 lawan 1 dengan penjaga gawang PSBI Blitar, namun tendangannya masih bisa dimentahkan dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Selang satu Menit kemudian, kemelut di depan gawang PSBI Blitar gagal dimanfaatkan dengan baik oleh gelandang Martapura FC, Ady Setiawan setelah tendangannya berhasil dihalau barisan belakang PSBI Blitar.

Agresivitas Martapura FC Akhirnya berbuah gol pada menit 21 melalui penyerang andalan mereka, Aidil Bogel. Proses gol bermula dari penetrasi winger mereka, Rifan Nahumarury yang mengirimkan umpan terukur ke dalam kotak penalti, dan disambut dengan sudulan kepala mematikan Aidil Bogel ke sudut kiri gawang PSBI Blitar. 1-0 Martapura FC memimpin.

Permainan Martapura FC makin berkembang pasca gol tersebut. Peluang demi peluang pun mereka ciptakan. Salah satunya melalui tendangan terukur Ady Setiawan pada menit 37. Sayang tendangan pemain eksplosif ini masih bisa dihalau pemain belakang PSBI Blitar, meski penjaga gawang sudah mati langkah.

Jelang Injury time babak pertama, kembali pertahanan PSBI Blitar dibuat kelimpungan. Bermula dari tendangan bebas Ady Setiawan yang masih bisa diblok oleh penjaga gawang PSBI Blitar Fahmi Idris. Bola muntah langsung disambut dengan sundulan kepala oleh Aidil Bogel. Namun kali ini upayanya hanya menyentuh mistar, sehingga babak pertama berkesudahan dengan skor 1-0.

Usai turun minum keadaan tidak jauh berubah. Martapura FC tetap mendominasi. Tim berjuluk Laskar Sultan Adam tersebut seolah tidak memberi ruang bagi PSBI Blitar untuk mengembangkan permainan.

Dua peluang beruntun diciptakan oleh anak asuh Frans Sinatra huwae di awal babak kedua. Menit ke 47 tendangan keras Agus Setia Wibowo dari luar kotak penalti yang masih melambung tinggi diatas gawang. Lalu Ady Setiawan yang juga mencoba peruntungan beberapa menit kemudian, namun masih melebar.

Sudah jatuh, tertimpa tangga. Mungkin itulah perumpamaan yang pas bagi PSBI Blitar. Mereka harus bermain dengan 10 orang pemain sejak menit 54 setelah pemain belakang, Sandy Arfa Alfianto di ganjar kartu kuning kedua setelah mengganjal Rifan Nahumarury.

Menit 65 Martapura FC sebenarnya mampu menggandakan keunggulan melalui tendangan Aidil Bogel di depan kotak penalti. Sayang, gol tersebut dianulir karena Bogel dianggap melakukan handsball terlebih dahulu.

PSBI Blitar sebenarnya bukan tanpa perlawanan. Meski hanya sepuluh pemain, mereka masih bisa memberikan tekanan pada tuan rumah. Salah satunya pada menit 71 melalui Ismail Sholeh. Namun tendangannya masih bisa ditepis penjaga gawang Martapura FC, Juni Irawan dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Selang satu menit kemudian penyerang PSBI Blitar, Jaya Teguh Angga Hampir membuat seisi stadion terdiam andai sundulannya tidak melambung jauh diatas mistar.

Martapura merespons serangan PSBI Blitar dengan memberikan ancaman pada menit 76. Adalah Ady Setiawan yang sangat aktif pada sore itu, hampir membuat Laskar sultan Adam menggandakan keunggulan andai sundulannya tidak melebar, setelah menyambut umpan Rifan.

Serangan sporadis Martapura FC akhirnya berbuah gol kedua pada menit 86. Melalui penyerang pengganti, Qischill Gandrum. Kredit tersendiri layak diberikan kepada Rifan Nahumarury sebagai aktor utama terjadinya gol tersebut.

Rifan, dengan kecepatannya menyisir sisi kiri pertahanan PSBI Blitar sebelum memberikan umoan matang kepada Qischil Gandrum. Nama terakhir tanpa kesulitan menempatkan bola ke gawang PSBI, dan mengubah skor menjadi 2-0.

Hingga wasit Dafid Priatmoko asal Semarang meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 bertahan untuk keunggulan tuan rumah. Hasil tersebut membuat peluang Laskar Sultan adam lolos ke babak selanjutnya semakin terbuka lebar. mud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here