Lima Anak Positif Rubella, Desa Ajung Dinyatakan Berstatus KLB

988

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menetapkan Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB)  Rubella.

Keputusan ditetapkannya Desa Ajung dengan status KLB penyakit campak Jerman tersebut tertuang dalam surat nomor 443/259/P2P/Dinkes-Blg/2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Ahmad Nasa’i mengatakan, sebelum ditetapkannya Desa Ajung sebagai KLB Rubella, pihaknya terlebih dulu melakukan investigasi pada awal Agustus lalu.

“Saat melakukan investigasi, ada tujuh sampel darah anak yang diambil dan dikirimkan ke provinsi. Kemudian awal September lalu hasilnya menyatakan lima dari tujuh anak positif terkena campak Rubella,” kata Nasa’i, Senin (17/9).

Dengan hasil tersebut, maka Desa Ajung ditetapkan KLB Rubella. Sebab, syarat dinyatakannya sebuah wilayah berstatus KLB adalah ada dua yang positif terkena virus Rubella mengelompok dalam satu wilayah.

“Desa Ajung memnuhi syarat itu. Kemudian pada 8 September lalu kami menerima laporan bahwa ada tiga kasus lagi,” jelas Nasa’i.

Baca Juga :   Bupati Ansharuddin Tinjau Amblesnya Jalan Desa Tarangan

Saat ini, tambah Nasa’i, Desa Ajung masih dalam pemantauan untuk satu bulan ke depan. Jika tidak ada lagi kejadian serupa, maka statsu KLB itu akan dicabut.

“Kami tetap melakukan pemberian vaksin MR secara intensif kepada masyarakat. Selain itu, kami juga mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan jika ada gejala rubella agar segera bisa ditangani oleh petugas medis,” pungkasnya.

FM Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here