Lima Pelajar Balangan Terpilih Kuliah Gratis ke Tiongkok

1661

KabarKalimantan, Paringin– Lima siswa siswi berprestasi asal Kabupaten Balangan berhasil mendapat bea siswa pendidikan ke tingat perguruan tinggi di Tiongkok. Mereka bagian dari 350 pelajar pilihan se-Indonesia dalam program yang diinisiasi oleh Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC).

Pembina ITCC, Dahlan Iskan, melepas keberangkatan ratusan pelajar itu ke negeri Tirai Bambu, Jumat (8/92017) di Gedung DBL Jalan A Yani No 88, Kota Surabaya. Selain Dahlan Iskan, turut hadir Sinta Nuriyah Wahid, Ketua TP PKK kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, dan beberapa kepala daerah di Indonesia

Sekretaris Dinas Pendidikan Balangan, Suwarso, mengatakan cukup bangga ada lima pelajar Balangan meraih pendidikan gratis ke Tingkok. Sebab, pelajar asal Balangan belum pernah menggondol prestasi bea siswa gratis ke Tiongkok. Menurut dia, program semacam ini sangat baik untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga :   BIK Mabes Polri Cek Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Polisi

“Pemkab Balangan sangat mendukung. Ini mengejutkan bagi kami bahwa ada 5 pelajar Balangan yang akan kuliah di Tiongkok,” ujar Suwarso kepada awak media, Jumat (8/9/2017).

Adapun lima nama siswa asal Balangan yang kuliah ke Tiongkok terdiri atas Tiya Ike Dwy Yanti (SMKN 1 Batumandi), Elinda Norsanti (SMAN 1 Paringin), Hasmal Wahid Kurniawan (SMAN 1 Paringin), Nur Syifa Fauzia, (SMAN 1 Tanjung), dan Muhammad Arifin (SMAN 1 Paringin).

Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Nursidah, mengatakan momentum ini dapat dijadikan tonggal awal serta terobosan memacu pelajar lain untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

“Satu kebanggaan pelajar kita bisa kuliah di luar negeri seperti di negeri Cina ini. Saya yakin mereka adalah generasi mendatang yang ikut membangun Balangan,” kata Nursidah.

Ia berharap ada generasi pelajar berikutnya yang berkesempatan melanjutkan kuliah gratis ke luar negeri. “Mudah-mudahan di tahun depan, siswa Balangan yang kuliah ke Tiongkok melalui program bea siswa ITCC lebih Banyak. Tidah hanya ke Tiongkok, tapi juga ke negara lainnya,” ujar istri Bupati Ansharuddin itu.

Baca Juga :   Ini Kebiasaan Bupati Balangan di Kampung Halaman

Dahlan Iskan mengatakan antusiasme pelajar Indonesia belajar ke luar negeri terus meningkat. Setiap tahun jumlah penerima beasiswa terus bertambah. Menurut Dahlan, fakta ini membuktikan semangat menuntut ilmu pelajar Indonesia semakin bagus.

Penerima bea siswa tidak hanya dari kota besar saja, namun siswa dari pelosok wilayah Indonesia memiliki kesempatan sama mengejar ilmu ke luar negeri. “Dari 350 siswa yang akan ke Tiongkok ini, diantaranya ada 5 siswa asal Kabupaten Balangan, provinsi Kalsel,” kata Dahlan.

Seorang penerima beasiswa lulusan SMAN 1 Paringin, Muhammad Arifin, mengaku bangga bisa kuliah ke Tiongkok. “Wah senang sekali rasanya,” ujar lelaki yang akrab disapa Arifin itu.

Awalnya, dia tidak percaya mendapat beasiswa. Toh, Arifin keturutan mewujudkan cita-cita sekolah ke luar neger. “Kira-kira empat-lima tahun di sana,” ia menambahkan.

Persyaratan mendapat bea siswa program ITCC telah lulus SMA atau sederajat, memiliki passpor, cukup berprestasi dibuktikan dengan nilai rapor, rekomendasi dari kepala sekolah, khusus untuk kedokteran nilai minimum pelajaran Biologi dari semester 1 – 5 adalah 7,8.

Baca Juga :   Temuan Brankas di Lampihong, Rupanya Milik Kabid Bina Marga Dinas PU Balangan

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here