Sel. Mar 31st, 2020

LPTQ Kalsel Seleksi Fahmil Quran

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penjaringan peserta Musabaqah Fahmil Quran. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Wargasari Taman Budaya Kalsel, Banjarmasin, Senin (6/11/2017).

Sebanyak 12 dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel ikut serta penjaringan peserta. Adapun Kabupaten Tapin tidak mengikuti seleksi. Mereka yang lolos seleksi akan mewakili Kalsel dalam Musabaqah Fahmil Quran tingkat nasional pada 2018.

Setiap tiga regu peserta saling adu kecepatan dan ketepatan dalam menjawab materi lomba. Musabaqah Fahmil Qur’an adalah cerdas cermat penguasaan kandungan Al-Qur’an.

Materi yang dibahas meliputi aqidah, syariah, akhlak, ulumul Qur’an, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, menerjemahkan Al-Qur’an, hadist, kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain sebagainya yang disodorkan dewan juri atau hakim.

Ia bersyukur saat babak penyisihan semua peserta memiliki potensi. “Setiap pertanyaan yang kami berikan hampir 80 persen dijawab dengan baik, hanya saja masih kurang cepat dalam menjawab,” kata Ketua Dewan Hakim Musabaqah Fahmil Quran Fajeri Subhi.

Baca Juga :   Paman Birin : Media Jembatan Menuju Kesuksesan Bangsa

Subhi berharap dalam penjaringan ini bisa menemukan bibit peserta yang mampu bersaing di tingkat nasional. Maklum, persaingan di tingkat nasional untuk Musabaqah Fahmil Qur’an tidak mudah.

“Selain mempersiapkan dengan sungguh-sungguh, peserta yang terpilih itu juga masih dilakukan pembinaan dan digembleng dari LPTQ daerah agar benar-benar mampu bersaing di tingkat nasional,” ujarnya.

Melihat hasil penyisihan, Subhi yakin perwakilan Kalsel siap bersaing di tingkat nasional. Kata dia semua peserta lomba memiliki kelebihan masing-masing.

“Kami akan pilih yang terbaik, dan Insya Allah siap untuk bersaing di tingkat nasional nanti,” katanya.

M ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.