Luar Biasa! Petani Tanbu Ini Punya Cara Cepat Tanam Padi

726

KabarKalimantan, Marabahan – Siang itu Murjuni (54) langsung mendatangi Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di lahan Desa Jejangkit Muara yang dijadikan lokasi Hari Pangan Sedunia (HPS), Sabtu (1/9/2018).

Kedatangan petani binaan Bank Indonesia (BI) dari Tanah Bumbu itu bermaksud ingin membantu menyukseskan HPS yang tinggal beberapa bulan lagi.

Didampingi Humas KPw BI Kalsel Sri Agustin, Marjuni meyakinkan Gubernur, dengan alat bernama Tambela (tanam benih langsung) mampu nenanam tunas padi seluas satu hektare hanya dengan waktu beberapa jam.

“Iya mas, nanam satu hektare itu paling lama tiga jam. Itu sudah termasuk istirahat,” katanya saat ditemui usai menghadap Gubernur.

Walau kali pertamanya bertemu langsung dengan orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Ptovinsi Kalsel, pria kelahiran Blitar ini sangat yakin, jika menam dengan Tambela akan sangat menghemat waktu dan biaya.

Pada kesempatan itu, Murjani memberikan dua buah Tambela untuk menggarap lahan percontohan Inovasi menanam cepat. Ia berharap, dengan target waktu beberapa bulan bisa menanam puluhan hektare benih di lahan HPS di Desa Jejangkit.

Petani asal Desa Karang Mulya, Kecamatan Kusan Hulu, Tanah Bumbu ini merasa bangga, karya tangannya bisa membantu menyukseskan peringatan HPS yang rencananya akan di hadiri Persiden Jokowi.

Sementara untuk jenia padi yang di kembangkan, kata Sri Agustin adalah padi organik. “Proses tanamnya sangat cepat dari padi lainnya, satu hari saja sudah kelihatan tunasnya,” tuturnya.

M Rizal Khalqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here