Mahasiswa Asal Balangan Gelar Kesenian Dayak di Malang

433
Mahasiswa asal Balangan yang menempuh pendidikan di Kota Malang, Jawa Timur. Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Meski menempuh pendidikan di luar daerah, Kerukunan Remaja Balangan yang menjadi mahasiswa di luar daerah tetap terjalin .

Salah satunya mahasiswa Balangan yang menempuh pendidikan di Kota Malang yang rutin mengelar kegiatan bersama dalam kelompok Kerukunan Mahasiswa Balangan Kota Malang.

Risalatun Nahdia Tamrin, pengurus Kerukunan Mahasiwa Balangan Kota Malang menuturkan Mahasiswa asal Balangan yang menempuh pendidikan di Kota alang selalu menjaga keakraban dan menjalin komunikasi rutin baik terkait masalah ilmu pendidikan maupun terkait rencana kegiatan positif.

Salah satu kegiatan yang belum lama digelar, lanjut Nahdia, para mahasiswa Balangan menggelar kesenian daerah dayak banjar untuk memperingati miladnya yang ke-7 di Malang .

“Kita tampilkan kesenian daerah dalam kegiatan tersebut diantaranya tari Balian yang menceritakan aruh adat dayak, musik panting dan puisi berbahasa banjar,” terang Nadia, selasa (16/01)

Menurut mahasiswi Universitas Brawijaya jurusan Akuntansi ini, kegiatan ini digelar sebagai pengobat rindu terhadap kampung halaman Banua Sanggam ditengah kesibukan menimba ilmu.

Oleh karena itu menurutnya tema yang diusung adalah Modern X Tradisional, hal ini dimaksudkan kendati sekarang sudah diera modern namun sebagai anak Sanggam tidak akan pernah melupakan adat istiadat yang sarat kearifan lokal dan harus dilestarikan.

Nadia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Balangan yang telah memfasilitasi asrama. Hal ini menurutnya sangat membantu mahasiswa dan warga Balangan yang menempuh pendidikan.

Ditambahkannya sampai saat ini ada sekitar 50 orang mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota kerukunan mahasiswa balangan Malang.

“Yang tidak kalah penting dari kegiatan ini adalah terciptanya keakraban dan kekeluargaan serta kebersamaan antar mahasiswa ” ucapannya mengakhiri pembicaraan.

Pemerintah Kabupaten Balangan terus membangun sejumlah fasilitas pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Keberadaan Mahasiswa Balangan yang mempuh pendidikan di luar daerah mendapatkan dukung dari Pemkab Balangan dimana sesuai dengan Visi misi Bupati yakni prioritas peningkatan SDM masyarakat Balangan.

Bukan hanya penunjang terhadap pendidikan dasar yaitu SD hingga SLTA, namun Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui kebijakan visi dan misi Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, para siswa berprestasi juga mendapatkan beasiswa untuk keperguruan tinggi.

“Beasiswa diberikan kepada para siswa yang memiliki prestasi, baik di bidang pelajaran, maupun bidang olahraga serta bidang lainnya yang mampu mengharumkan nama kabupaten balangan, selain itu beasiswa juga tidak hanya untuk mahasiswa di dalam negeri, tetapi juga bagi para mahasiswa di luar negeri,” terang Bupati Balangan H Ansharuddin dalam satu kesempatannya.

Bukan hanya itu, pemerintah daerah juga membangun sejumlah asrama untuk mempermudah silaturahmi para mahasiswa serta sebagai tempat tinggal para mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Hingga kini terdapat beberapa asrama mahasiswa Balangan, diantaranya di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalsel, kemudian di Kota Malang, Jawa Timur, serta di kota Yogyakarta.

Ansharuddin mengharapkan mahasiswa Balangan yang sudah selesai kuliahnya bisa kembali ke daerahnya untuk membangun daerah dan memastikan terus memperhatikan upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Balangan. (Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here