Mantan Kadishub Kota Banjarmasin Divonis 16 Bulan Penjara

797

KabarKalimantan, Banjarmasin – Terdakwa kasus korupsi proyek pembangunan Terminal KM 06 Kasman yang merupakan mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin divonis pidana 16 bulan penjara, dalam sidang di pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kamis (25/9/2018).

Ketua Majelis Hakim Yusuf Pranowo SH mengatakan, Kasman terbukti bersalah yang saat itu bukan saja Kadis tetapi pemegang anggaran (PA). Yusuf juga mengetukkan palunya terhadap terdakwa Kasman dengan menjatuhkan hukuman pidana 16 bulan penjara dan dikenakan tahanan kota.

Bukan hanya itu saja, Kasman juga diminta membayar denda Rp50 juta. Jika dibayar, maka pidana kurungan 3 bulan penjara, kemudian membayar uang pengganti (UP) Rp30 juta. Dan untuk uang Rp170 juta dikembalikan kepada terdakwa atau dipotong uang pengganti Rp30 juta.

Di lain hal, kepada terdakwa Fahmi sebagai kontraktor pun dikenakan pidana penjara 20 bulan dan denda Rp50 juta. “Jika tidak dibayar maka ditambah 3 bulan penjara, beserta uang pengganti Rp46 juta dan tetap tahanan kota,” papar Yusuf.

Baca Juga :   Waduh, KPK Diduga OTT Bupati HST

Kemudian Ketua majelis hakim juga menjatuhkan vonis kepada terdakwa Mahmudi pidana penjara 16 bulan penjara, serta denda Rp50 juta jika denda tak dibayar diganti kurungan 3 bulan.

Beserta uang pengganti Rp115 juta paling lama 1 bulan dibayar dan jika tak dibayar harta benda dilelang dan jika harta tidak mencukupi mana pidana 2 bulan penjara serta tetap tahanan kota.

Menurut majelis hakim, para terdakwa tidak terbukti melakukan korupsi seperti pada dakwaan primer, dan bebaskan terdakwa dari dakwaan primer. “Menyatakan terdakwa terbukti bersalah korupsi secara bersama sebagainana dakwan susbdider,” papar majelis hakim.

Atas putusan majelis hakim Jaksa Penuntut Hukum (JPU) dari Kejari Banjarmasin Herman dan ketiga terdakwa setelah berdikusi dengan penasehat hukum mereka menyatakan pikir-pikir.

Sementara vonis majelis hakim ini lebih rendah dari tuntutan jaksa Dimana sebelumnya JPU menuntut terdakwa masing-masing dituntut 2 tahun denda Rp50 Juta atau subsidair 6 bulan kurungan untuk terdakwa Kasman dan Mahmudi. Sedangkan untuk terdakwa Fahmi dituntut 2 tahun dan 6 bulan penjara dan denda Rp50 Juta atau subsidair 6 bulan kurungan.

Baca Juga :   Begini Kronologis KPK Tangkap Bupati HST

Syahbandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here