Masih Parkir di Halaman Kantor Dewan, Enam Gerobak Pasar Belauran Diangkut Paksa Satpol PP

2 min read
33

KabarKalimantan, Banjarmasin – Enam gerobak pedagang Pasar Belauran diangkut paksa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin dari halaman Kantor DPRD Banjarmasin, Jumat (23/3/2018).

Pasalnya, pemilik keenam gerobak tersebut melanggar kesepakatan. Sesuai hasil negosiasi antar Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dan pedagang, gerobak tidak diperkenankan lagi parkir di halaman kantor dewan terhitung sejak Jumat (23/3/2018).

Sebelumnya, pihak Satpol PP telah memberikan tenggat waktu kepada para pedagang untuk memindahkan gerobaknya. Namun sayang, hingga pukul 06.00 Wita pagi masih ada 11 gerobak yang belum beranjak dari halaman belakang dewan. Gerobak-gerobak itu pun terpaksa diangkut dengan truk Satpol PP untuk diamankan ke markas Satpol PP di Jalan KS Tubun.

Baca Juga :   BPBD Kalsel Bersiap Antisipasi Bencana Musim Kemarau

“Truknya tak muat untuk mengangkut semua. Sementara kami baru sanggup menyita enam buah,” kata Komandan Peleton II Satpol PP Banjarmasin Salapudin.

Hampir semua yang diangkut merupakan gerobak yang sudah tidak dipakai lagi oleh pedagang. Ada yang hanya memiliki satu roda, dan ada kondisi bodi gerobak sudah rombeng.

Baca Juga :   Awal Tahun Ajaran Baru, Dewan Minta Semua Guru Sudah Divaksin

Sebelumnya, pada Kamis (22/3/2018) malam, Satpol PP melakukan penjagaan di depan pintu gerbang kantor dewan. Penjagaan yang mereka lakukan semata-mata untuk memastikan gerobak pedagang Pasar Belauran tidak lagi masuk ke wilayah tersebut.

Herman mewanti-wanti, seandainya sampai pagi gerobak masih saja ada di halaman dewan, pihaknya terpaksa mengamankannya dan pedagang diberi tenggat waktu hingga dua pekan. Seandainya tidak ada yang mengambil, maka Satpol PP akan membawanya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih.

Baca Juga :   Ibnu Sina Didukung Ibu-Ibu Majelis Ta'lim Cempaka Sari

Bersasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Banjarmasin, tercatat dari 97 pedagang Pasar Belauran, ada 124 gerobak yang dipindahkan dari halaman dewan ke Pasar Sudi Rapi.

Semua gerobak dipindahkan atas dasar keinginan Sekretariat DPRD Banjarmasin. Selama 17 tahun gerobak-gerobak tersebut sudah menduduki halaman belakang kantor dewan. Setiap kali diadakan rapat, acapkali mobil-mobil pejabat Pemkot tidak bisa ditampung karena halaman dipenuhi gerobak.

M SYAHBANI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *