Masuk Program BSPS Kementerian PUPR, Ibnu Sina Harapkan Kawasan Kelayan Lebih Tertata Rapi

2 min read
2.313

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bekerjasama dengan Kementerian PUPR mulai mencoba mengurangi kawasan kumuh di Kota Banjarmasin. Satu diantaranya adalah kawasan Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang mendapatkan bantuan dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan “Bedah Rumah”.

Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Diana, bersama Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, beserta Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Banjarmasin M Fanani mendatangi kawasan yang telah mendapatkan bantuan dari program tersebut, Senin (27/9/2021).

Baca Juga :   Satu Lagi PDP Kalsel Meninggal Dunia

“ Kunjungan kami ke sini ini dalam rangka melihat kegiatan KotaKU, yang sudah dilaksanakan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melakukan perbaikan terhadap rumah-rumah dengan program BSPS, ” jelas Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Diana.

Diana beharap, kedepannya kawasan Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan bisa tertata rapi dan terlepas dari konotasi kawasan kumuh setelah disentuh Program KotaKU dan Program BSPS.

“Semoga dengan program ini kawasan Kelayan bisa tertata, lebih nyaman dan lebih cantik lagi,” harapnya.

Baca Juga :   Menteri Lukman Pastikan Kesetaraan Pendidikan di Kalsel

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR itu merupakan sebuah bentuk kolaborasi antara Pemko Banjarmasin dengan pemerintah pusat.

Ia berharap, kerjasama seperti ini nantinya bisa dilaksankan di kawasan kumuh lainnya di Kota Seribu Sungai. “Kita mulai dari kawasan Muara Kelayan dulu, dimulai dari penataan kawasan serta revitalisasi sungai-sungai yang ada, agar kedepannya semakin hidup,” singkatnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Banjarmasin M Fanani juga berharap, apabila program BSPS serta KotaKU untuk kawasan Kelayan berhasil diimplementasikan, maka tidak tertutup kemungkinan Program BSPS dan KotaKU dari Kementrian ini akan berlanjut ke kawasan kumuh lainnya.

Baca Juga :   Pasok Listrik Kotabaru, PLN Bentangkan Kabel Laut

“Yang jelas kita laksanakan dulu program yang sudah ada. Apabila berhasil dan sesuai harapan, maka hasilnya akan kita repleksikan ke kawasan lainnya,” tandasnya.

Budi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *