Masuk PSN atau Tidak, Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu Tetap Dijalankan

261

KabarKalimantan, Banjarmasin – Jalan bebas hambatan yang menghubungkan Kabupaten Banjar – Kabupaten Tanah Bumbu yahng menjadi pembangunan prioritas Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kini sudah masuk tahap ketiga.

“Jalan bebas hambatan itu ada tiga sekmen, yakni Awang Bangkal – Sumber Baru, Sumber Baru – Temunih, dan Temunih – Kodeko 58. Untuk pengerjaan Detail Engineering Design (DED) dari Sumber Baru ke Temunih sudah selesai, dan 2018 ini akan disambung lagi dari Temunih ke Kodeko 58,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Achmad Sofiani, Selasa (3/4/2018).

Sofiani mengatakan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sudah meminta kepada Persiden agar jalan bebas hambatan tersebut bisa sesegeranya direspon pemerintah pusat. Sebab, jalan bebas hambatan itu adalah salah satu progam Gubernur yang mesti segera rampung.

“Masalah jalan bebeas hambatan ini sudah kami bahas dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan dimasukan dalam list Kementerian supaya bisa masuk dalam Progam Strategis Nasional (PSN),” Kata Sofiani.

Baca Juga :   Bupati Tanbu Ingin Jadikan Lomba Kuliner Nusantara sebagai Event Tahunan

Ditanya apakah dalam waktu dekat ini jalan bebas hambatan itu bisa masuk PSN, dengan nada bercanda Sofiani menjawab, jalan bebas hambatan itu akan rampung lebih lama karena barkaitan dengan masa jabatan Persiden.

“Jika PSN tahap pertama akan selesai tahun 2019 nanti, tanpa masuk PSN pun pembangunan jalan bebas hambatan akan terus kami jalankan,” ucapnya.

Sebelumnya, untuk meyukseskan pembanguan jalan bebas hambatan, Bina Marga juga telah mempersiapkan DED jalan antara Temunih ke Kodeko 58, dengan pagu anggaran sebesar Rp 5 miliar, sementara untuk DED jalan antara Sumber Baru ke Temunih yang juga menjadi jalan utama sudah selesai pada 2017 lalu.
M RIZAL KHLAQI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here