Masyarakat Banjarmasin Tak Perlu Perpanjang KTP Lagi

189

BANJARMASIN, KK – Tahun depan, masa berlaku Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan diberlakukan seumur hidup. Hal ini menyusul surat edaran yang dikirim Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 470/296/SJ yang diterima Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Banjarmasin.

 

 

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa tindaklanjut itu juga memperhatikan UU 24/ 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23/2006 tentang administrasi kependudukan, serta ditetapkan Pasal 64 ayat (7) huruf a UU 24/2013 yang mengamanatkan bahwa KTP elektronik untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

 

Berarti bagi KTP yang dicetak pada pahun 2011 tidak perlu diperpanjang lagi meski masa berlaku sudah habis. Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin Khairul Saleh mengungkapkan, pemberlakuan KTP seumur hidup sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat mengenai kepemilikan kartu yang bakal dimiliki selama-lamanya.

 

Dengan demikian, warga juga tidak perlu mendaftar ulang lagi, sebab KTP yang terdahulu khususnya terbitan 2011 hingga sekarang langsung otomatis menjadi kartu seumur hidup. Terkecuali bagi warga yang ingin merubah nama, alamat, dan apa saja yang tertera di KTP harus mengganti KTP kembali.

 

“KTP terbitan 2011 tahun 2017 mendatang berlaku seumur hidup dan tidak perlu lagi diperpanjang meskipun masa berlakunya habis,” katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa (20/12/2016).

 

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, dan juga melakukan koordinasi dengan instansi agar diketahui sebelumnya. bur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here