Sen. Agu 3rd, 2020

Masyarakat Diminta Tak Parno dengan Ruangan Isolasi Covid-19

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pembangunan ruangan tambahan di RSUD Balangan khusus untuk penanganan pasien Covid-19 sudah rampung dikerjakan. Kini, tujuh ruangan isolasi tersebut sudah siap digunakan.

Rencananya, dalam waktu dekat ini tujuh ruangan isolasi yang dibangun sejak Maret lalu akan dilaksanakan serah terima dari Pemkab Balangan kepada RSUD Balangan.

Direktur RSUD Balangan dr Ferry mengatakan, ruangan isolasi yang sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjangnya seperti alat kesehatan (Alkes) akan segera digunakan setelah dilaksanakan serah terima.

“Semuanya sudah siap, termasuk alkes dan obat-obatannya. Selain tujuh ruangan itu, ruang tunggu tenaga kesehatan juga sudah selesai dibangun,” katanya kepada Redkal.com, Kamis (28/5/2020).

Menanggapi keparanoidan masyarakat terhadap image ruangan isolasi mandiri tersebut, Ferry menjelaskan, keadaannya tak seperti yang terbayangkan di benak masyarakat. “Ruangan isolasi pasien positif Covid-19 baru itu tak berarti kamar itu terkunci rapat, yang tak memungkinkan pasien bergerak leluasa dan terkesan menakutkan,” terangnya.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Launching Tiga Desa Layak Anak

Sementara bagi masyarakat yang masih menunggu hasil rapid test, sebenarnya tidak perlu ditempatkan dalam ruangan isolasi khusus. Tetapi, tetap dianjurkan berada di rumah saja atau mengisolasi diri sendiri untuk menghindari kontak dengan orang lain.

“Ruang isolasi bisa dibentuk. Kalau orangnya masih negatif, menunggu hasil, tidak perlu ruang isolasi khusus, bahkan dianjurkan di rumah saja dan uisahakan hindari kontak dengan orang lain,” tuturnya.

Ferry menegaskan, prinsip penanganan wabah ini, mengisolasi orang yang sakit jika jumlah yang sakit sedikit dan sebaliknya, mengisolasi orang sehat jika kasus yang terinfeksi banyak.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatan dan selalu mengikuti imbauan pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Balangan ini,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.