Sab. Sep 26th, 2020

Masyarakat Diminta Terapkan Protokol Kesehatan di Hajatan Perkawinan

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ketat pada kegiatan resepsi pernikahan maupun acara perkawinan yang dilaksanakan pada masa adaptasi kebiasaan baru.

“Meskipun sampai saat ini kami belum menemukan adanya penularan Covid-19 dari cluster resepsi pernikahan dan perkawinan, tapi kita terus mengingatkan kepada keluarga yang akan menggelar resepsi pernikahan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Kepala Dinkes Tanbu melalui Kasi P2PM Fatherlina, Rabu (5/8/2020).

Dia menyampaikan, acuan protokol kesehatan ini seiring penerapan yang sudah ditetapkan oleh Kemenkes.

“Dalam hal ini, kita tidak melarang masyarakat untuk menggelar resepsi pernikahan, silakan saja. Namun, ada ketentuan yang harus diikuti agar kasus Covid-19 bisa kita hindari bersama,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kemenkes selama masa adaptasi kebiasaan baru, dimana tamu yang masuk akan diukur suhu tubuhnya, lalu pihak keluarga mempelai juga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan di tempat acara. Kemudian, untuk prasmanan harus disiapkan sekat plastik dan penentuan jarak bagi tamu yang akan mengantre mengambil makanan.

“Jadi, para tamu tidak diperkenankan mengambil makanan sendiri. Kemudian, kita sarankan agar saat pengambilan foto bersama pengantin, dibatasi hanya untuk keluarga,” katanya.

Sebelum diselenggarakan acara pernikahan maupun perkawinan, tambahnya, maka pihak keluarga terlebih dulu meminta izin kepada pihak Polsek maupun ke Puskesmas terdekat.

Permintaan ijin dari masyarakat akan ditindaklanjuti, terutama pihak Dinkes atau Puskesmas akan mendirikan Posko Kesehatan dipintu gerbang acara perkawinan berlangsung dalam rangka mematuhi SOP protokol kesehatan tersebut.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.