Masyarakat Pertanyakan Hasil Kegiatan Anggota Dewan

178

KabarKalimantan, Paringin – Masyarakat Kabupaten Balangan mempertanyakan hasil yang diperoleh dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Publikasi hasil kegiatan berupa kunjungan kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan dinilai banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat tersebut.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dewan DPRD Balangan Sutikno mengatakan, setiap kegiatan Kunker DPRD selalu menyertakan pendamping yang bertugas mendampingi, mengabadikan berupa foto kegiatan atau bahkan mungkin berupa video, dan mencatat secara administrasi kegiatan DPRD sebagai bahan pelaporan saat kegiatan kunjungan kerja.

“Mereka para pendamping yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tenaga honor di Gedung DPRD ditugaskan melakukan pendampingan, saat DPRD melaksanakan kunjungan kerja ke berbagai daerah,” ungkap Sutikno, Selasa (3/7).

Sutikno menegaskan, tugas pendamping bukan hanya mendampingi DPRD melaksanakan kunjungan kerja, namun juga melaksanakan dokumentasi berupa foto atau mungkin video, serta laporan administrasi berupa tulisan, terkait arah tujuan kunjungan hingga hasil yang dicapai dalam kunjungan.

Baca Juga :   Ini Hasil Kinerja DPRD Balangan Selama 2017

“Kita harapkan pendamping kegiatan agar maksimal dalan pelaporan hasil kegiatan dewan, agar hasil yang didapat bisa diketahui masyarakat melalui publikasi dan media,” tuturnya.

Terpisah, Kasubag Humas DPRD Balangan Fauzan Rahman menjelaskan, pihaknya pun kesulitan ketika para jurnalis mempertanyakan kegiatan kunker dewan. Ia berharap program kegiatan dewan diinformasikan ke bidang Humas.

“Selama ini kami di Bidang Humas DPRD kurang mengetahui hasil kegiatan Kunker DPRD. Sementara para awak media mencari data kegiatan kunker selalu ke bidang Humas,” terangnya.

Seharusnya, di era tekhnologi saat ini segala macam informasi terkait foto, video, apalagi cuma rilis kegiatan yang dilaksanakan bisa lebih cepat ter akomodir, sehingga kegiatan publikasi pun lebih cepat diketahui oleh masyarakat umum.

Atau bahkan sebelum kegiatan dilaksanakan, bisa saja dipublikasikan terkait rencana kunker serta kegiatan apa yang ingin dicapai oleh para anggota dewan.

Baca Juga :   DPRD Balangan Siap Membantu Perjuangkan Usulan untuk Insentif PPKB

“Semoga ke depan, segala macam kegiatan para wakil rakyat yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak, bisa diekspose media secara cepat, tentunya para pendamping pun harus lebih memahami tugasnya serta tugas para humas dalam memberikan informasi kepada para awak media,” pungkasnya.

FM Hidayatullah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here