Matnor Ali Inginkan Pemerataan Pembangunan Sampai ke Pinggiran Kota

1189

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebagian masyarakat pinggiran di Kota Seribu Sungai ternyata masih belum menikmati pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya akses jalan yang terletak di wilayah Simpang Jelai Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, sampai saat ini masih memperihatinkan.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Matnor Ali mengatakan, pembagunan di kawasan Kelurahan Basirih itu memang sudah masuk dalam program Musrembang beberapa waktu lalu. Sasaran tembak pemerintah saat ini telah difokuskan ke daerah pelosok yang memang belum tersentuh pembangunan.

“Kami dewan juga mendorong pemerintah agar pembangunan merata hingga ke pelosok kota,” katanya kepada wartawan, Kamis (4/7/2019).

Apalagi ujar Matnor, warga telah lama bermukim di wilayah tersebut. Akses jalan pun sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. “Mungkin ada tahapan perbaikan jalan, karena mereka juga mempunyai hak yang sama untuk menikmati pembangunan di kota ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Ini Alasan Pembangunan 13 Jembatan di Kelurahan Kuin Kecil Tak Terealisasi Pada 2018

Terkait jika wilayah itu masuk dalam RTH, pihaknya menganggap itu bukan menjadi kendala untuk pembangunan akses jalan bagi warga. Ke depan RT/RW akan ditinjau ulang, dan zonasinya lebih mempertimbangkan kepentingan masyarakat, pemerintah, publik dan komersil.

“Bisa ditinjau ulang lagi, dan pemerintah bisa membedakan mana kepentingan komersial dan mana untuk masyarakat,” terangnya.

Sesuai RT/RW sekarang, menurut Politikus Partai Golkar ini, RTH ada di beberapa titik. Dan setahu dia, untuk wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, khususnya kawasan Mantuil tidak ada RTH, yang ada hanya kawasan pergudangan.

“Bahkan ada rencana di Mantuil akan dibangun pelabuhan rakyat (Pera), yang tak memakai  jalan pemukiman,” bebernya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here