Matnor Ali: Pendidikan Akhlak Perlu Ditingkatkan di Sekolah

17

KabarKalimantan Banjarmasin – Dugaan perilaku menyimpang oknum pelajar di Banjarmasin akhir-akhir ini menjadi sorotan kalangan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin.

Dewan pun memanggil Disdik setempat dan mempertanyakan tanggung jawab serta pengawasan dan upaya yang dilakukan agar perilaku menyimpang tersebut tidak terulang kembali.

“Jadi, kami mempertanyakan upaya apa yang dilakukan Disdik, jangan sampai kejadian tempo hari lalu kembali terulang lagi di wilayah Banjarmasin,” Kata Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Matnor Ali kepada wartawan, Senin (28/10/2019).

Matnor Ali berharap, Disdik mengimbau sekolah yang ada di kota ini untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap peserta didiknya. Jangan sampai hal ini dianggap sepele. Termasuk lebih gencar memberikan pendidikan agama dan akhlak bagi generasi penerus bangsa ini.

“Pendidikan agama dan akhlak itu sangat penting. Itu salah satu cara untuk membentengi diri anak didik dari perbuatan yang tidak mesti dilakukan. Karena usia anak dari SD sampai kelas 2 SMA itu masih labil,” ujar Matnor.

Baca Juga :   Gerindra dan Liqo Hadijah Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran Alalak Selatan

Lain halnya jika anak didik tersebut itu memasuki tahap akhir di jenjang pendidikannya. Misalnya ujar Matnor, di kelas 3 SMA. “Kalau sudah kelas 3 pemikiran mereka sudah mulai terbuka, mereka bisa menentukan kemana arah yang mesti diambil,” terangnya.

Politikus Golkar ini juga berharap, pendidikan agama dan akhlak di sekolah benar-benar ditingkatkan. Namun tekannya, orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga juga memegang peranan penting dan strategis dalam mendidik anak-anaknya.

Artinya, tambah Matnor, pendidikan dalam keluarga juga sangat menentukan baik dan atau buruknya pendidikan terhadap anak tersebut.

“Merosotnya akhlak generasi muda ini karena kurangnya pendidikan agama. Tapi, alhamdulillah saran yang kami berikan dapat diterima dengan baik oleh Disdik dan pengawas pendidikan dasar di kota ini,” ucapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here