Mau Pasang Baru, Wajib Urus Sertifikat Laik Operasi Dahulu

83

KabarKalimantan, Banjarmasin – Awal tahun 2018, PLN Wilayah Kalselteng telah menepati janjinya untuk memenuhi permintaan penyambungan listrik masyarakat di wilayah kerjanya.

Ketersediaan pasokan listrik yang cukup baik tentunya menjadi faktor terbesar sehingga PLN Wilayah kalselteng ini dapat meningkatkan pelayanan penyambungan listrik.

Tercatat, sampai akhir Februari 2018 tadi, PLN Wilayah Kalselteng telah berhasil menyambung 17.827 pelanggan baru. Angka tersebut lebih besar dibandingkan pada bulan yang sama pada 2017, dimana hanya 11.467 pelanggan baru yang berhasil disambung PLN.

“Pertumbuhan jumlah pelanggan baru kami yang mencapai 55 persen pada periode yang sama dibandingkan tahun lalu. Ini merupakan bukti nyata, bahwa kami siap untuk selalu memenuhi permintaan listrik masyarakat,” ujar Supervisor Humas PLN Kalselteng Bayu Aswenda, Selasa (13/3).

Maka dari itu, PLN Kalselteng mempersilakan seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan listrik untuk mengajukan permohonan penyambungan baru. Pun demikian, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelumnya. Begitu pula jika pelanggan ingin melakukan penambahan daya, ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum PLN mengaliri arus tegangannya.

Baca Juga :   Pemasangan Listrik Baru Selesai Dalam Hitungan Hari

Salah satu komponen penting agar pelanggan dapat menerima aliran listrik dari PLN ialah pelanggan itu harus terlebih dahulu memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“SLO sendiri adalah sertifikat yang diterbitkan Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan inspeksi kelaikan operasi atas instalasi listrik yang dipasang di bangunan pemohon listrik. PLN wajib menyaratkan adanya sertifikat kelaikan operasi ini sebagai bukti bahwa suatu instalasi listrik sudah laik diberi tegangan listrik”, ujarnya.

Menurutnya, SLO ini sangat diperlukan karena menjadi bukti instalasi listrik sudah laik operasi apa belum, jika instalasi ternyata tidak laik operasi namun diberi tegangan maka berpotensi terjadi kecelakaan seperti kebakaran yang dapat merugikan harta maupun nyawa.

Keberadaan LIT sendiri di Kalselteng tidak sulit dijumpai. Bayu mencatat, terdapat enam LIT di dua provinsi tersebut. “Ada sekitar enam lembaga inspeksi teknik di Kalselteng. Jadi, masyarakat tidak perlu bingung untuk mengurus SLO. PLN memastikan jika SLO dan persyaratan lainnya telah lengkap, maka urusan penyambungan listrik juga akan cepat,” pungkasnya.

Baca Juga :   PLN Aktifkan Jaringan Intake SPAM Banjarbakula

M RIZAL KHALQI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here