Melestarikan Seni Tradisional Banua Lewat Festival Japin Carita

496
Peserta Festival Japin Carita di UIN Antasari, Selasa (16/1/2018). Redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Teater Awan salah satu organisasi kesenian yang bermarkas di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin terus berupaya melakukan pelestarian kesenian tradisional.

Hal tersebut dibuktikan dengan kembali dilaksanakannya Festival Japin Carita kelima oleh para mahasiswa UIN Antasari yang tergabung dalam Organisasi Teater Awan.

Dessy Jayanti Sarasvati Arrauna Awan Puteri, Ketua pelaksana Festival Japin Carita mengatakan, Japin Carita yang merupakan kesenian asli orang Banua ini harus terus dilestarikan melalui Festival Japin Carita.

“Alhamdulillah peserta mencapai 20 komunitas teater, 12 Pelajar dan 8 mahasiswa ata umum”, ucap Dessy, mahasiswi dari jurusan Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari, Selasa (16/1/2018).

Festival Japin Carita kali ini mengangkat tema “Sajukung Sahaluan, Ayu Lastariakan Budaya Banjar Japin Carita”, dilaksanakan dari tanggal 16-18 Januari 2018 bertempat di Auditorium Mastur Jahri UIN Antasari.

Baca Juga :   Semarak Hari Pantomim di UIN Antasari

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Heriansyah mengatakan Pemerintah Provinsi Kalsel sangat mendukung kegiatan yang digelar Teater Awan. Ini merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan inovasi bagi para pegiat teater di Kalsel.

“Kami sangat mengapresiasi dan mudah-mudahan Festival Japin Cerita ini dapat terus berkembang,” kata Heriansyah.

SYAHRI RAMADHAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here