Memetakan Bisnis Coffe Shop yang Kian Menjamur

280

KabarKalimantan, Banjarbaru – Dalam rentang dua tahun terakhir, bisnis kedai kopi sudah tak bisa lagi dihitung dengan jari. Berdasarkan data, lebih dari 250 coffe shop tersebar di kota-kota di Kalsel seperti Banjarmasin dan Banjarbaru.

Terkhusus Kota Banjarbaru, setidaknya tak kurang dari 80 kedai kopi yang tersebar di beberapa titik, bahkan gang perumahan.

Menurut Coffe Addict Hasan, ia kerap mengunjungi beberapa kedai kopi sekadar membedakan rasa dan cara beberapa sejumlah Barista menyajikan kopi yang bertekstur kopi giling.

Ia yang juga mengamati perkembangan brand kopi lokal dengan membuka kedai yang malah sudah mengarah ke kedai kopi premium semacam starbuck dan excelso.

“Dan ini menjadi tanda bahwa industri perkopian kita sedang marak. Boleh dibilang sebagai trend yang juga didukung dengan teknologi informasi. Media sosial sebagai media berbagi berperan besar dalam hal promosi dan branding. Itulah mengapa sekarang, tampilan coffe shop lokal kita di sekitaran Banjarbaru sudah setara dengan coffe shop yang ada di mall,” katanya.

Baca Juga :   Menakar Bisnis Clothing sebagai Industri Kreatif di Kalsel

Meski demikian, katanya, perlu dipisahkan lagi ranah status sosial tempat tongkrongan dengan rasa kopi yang benar-benar disajikan. Faktanya, lanjut Hasan, tidak semua pengunjung atau customer kedai kopi yang datang karena persoalan rasa dan menu, tapi tak sedikit demi eksistensi dan gaya hidup ditopang dengan interior coffe shop yang sekarang tidak bisa dikatakan biasa-biasa saja.

“Terlepas dari itu semua, ada hal lain seperti kedai kopi A konsisten dengan biji kopi Arabica, sedangkan yang B kekeuh mempertahankan para konsumen yang doyan sekali dengan biji Robusta. Jika ditelusuri, banyak target marketnya. Tinggal inginnya pemilik kedai kopi, mau menyasar market yang mana. Sebab, kita tak memungkiri, waralaba kedai kopi dari Jakarta atau Pulau Jawa lainnya sudah masuk ke sini. Para pemilik kedai kopi lokal pun harus pandai-pandai mengemasnya demi market yang baik,” bebernya.

Baca Juga :   Forum #Seman9atMuda Seminarkan Tentang Digital Marketing di SMK Telkom Banjarbaru

Reporter: Ananda

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here