Menang Atas Persela, Barito Putera Finish Urutan ke-7 Liga 1

KabarKalimantan, Banjarmasin – Barito Putera menyudahi laga pamungkas di ajang kompetisi Liga 1 Gojek Traveloka dengan kemenangan telak 4-1 atas tamunya Persela Lamongan, Sabtu (11/11/2017).

Tampil dengan line up terbaik, kedua tim langsung terlibat duel sengit sejak kick off. Barito maupun Persela saling jual beli serangan untuk mencetak gol lebih awal. Beruntung buat tuan rumah, usaha Barito membuahkan hasil positif.

Pada menit ke-5, anak asuh Jacksen F Tiago berhasil mengubah papan skor di Stadion stadion 17 Mei Banjarmasin. Winger muda yang diplot sebagai striker, Gavin Kwan Adsit menjadi aktor lahirnya gol perdana.

Memanfaatkan umpan silang yang dikirimkan oleh Dedi Hartono ke kotak penalti tim Laskar Joko tingkir, bola sebenarnya jatuh ke kaki Ramon Rodriquez. Ramon lalu mengirim umpan back pass ke penjaga gawang. Namun umpan Ramon kepalang tanggung sehingga mudah diserobot Gavin dan menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Baca Juga :   Samsul : Saya Berada di Tim yang Tepat

Selepas gol pembuka itu, Barito terus membombardir pertahanan Persela lewat kerja sama apik. Usaha yang tidak sia-sia, gol pengganda kedudukan akhirnya hadir pada menit 18.

Berawal dari umpan sepak pojok Riski Pora, M Rifqi yang naik ke depan melakukan sundulan akurat, tapi membentur mistar. Namun bola mental kembali mengrah ke kapala Rifqi. Kali ini tandukan kedua Rifqi tak mampu dibendung oleh kiper muda Persela Lamongan, Alex Sander.

Di sisi lain, Persela yang dibesut oleh Aji Santoso juga bukannya tanpa perlawanan. Klub yang jadi pujaan masyarakat Lamongan itu beberapa kali membahayakan gawang Barito Putera. Setelah melalui beberapa percobaan, upaya Persela baru membuahkan hasil pada menit 32 melalui tendangan penalti.

Keliaran Samsul Arif yang melakukan penetrasi di sisi kanan kotak penalti Barito harus dijatuhkan dengan paksa oleh Nazar Nurzaidin. Tak ayal, wasit langsung menunjuk titik putih.

Baca Juga :   PSM Makassar Timpang, Barito Harus Menang

Samsul yang mengambil sendiri eksekusi tersebut memilih menendang bola ke arah kiri gawang, sekaligus mengecoh penjaga gawang Aditya Harlan yang bergerak ke arah sebaliknya. 2-1!

Asa Persela menyamakan kedudukan perlahan sirna setelah Dedi Hartono menambah satu gol menit 39 untuk Barito. Melalui skema serangan balik cepat, Doglas Packer mengirim umpan diagonal ke arah Dedi Hartono. Dedi kemudian mengecoh dua bek lawan sebelum mengirimkan tendangan keras yang bersarang telak ke pojok gawang Persela. 3-1!

Usai turun minum, permainan terasa lebih seru dan menarik. Persela Lamongan yang di 45 menit pertama lebih banyak tertekan, kini bermain lebih terbuka demi mencari gol pengejar ketertinggalan. Sementara Laskar Antasari, tetap melakukan pendekatan yang hampir sama dengan babak pertama yakni terus bermain ofensif.

Segenap usaha tim Laskar Antasari untuk menambah keunggulan akhirnya terwujud di menit ke-72. Lagi-lagi, seorang pemain muda yang muncul sebagai bintang. Kali ini Paulo Sitanggang yang mencatatkan namnya di papan skor.

Baca Juga :   Ady Setiawan Sang 'Pahlawan'

Tak mau ketinggalan berpesta gol, tendangan keras dari pemain berumur 22 tahun itu sukses menghujam jala Persela sekaligus membuat Alex Sander memungut bola dari gawangnya untuk keempat kali.

Dibayangi kekalahan, kubu Persela mencoba bangkit di waktu yang tersisa. Nahas, segala upaya gagal menembus benteng kokoh Barito yang digalang duet pemain anak Hansamu Yama – M Rifqi.

Pada beberapa momen, Barito Putera juga berhasil menciptakan beberapa peluang guna menggandakan skor. Akan tetapi, penyelesaian yang kurang ciamik membuat upaya mereka selalu nirhasil.

Skor 4-1 yang bertahan sampai peluit panjang menggema di Stadion 17 Mei membuat Barito Putera mengemas tiga poin dari laga ini. Mereka pun berhak untuk menempati peringkat ke-7 klasmen akhir Liga 1 Gojek traveloka. Sementara Persela Lamongan harus rela terdampar di posisi 14 klasemen akhir.

MUHAMMAD DIRGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here