Mencegah Terorisme, FKPT Kalsel Kumpulkan Apratur Desa dan Kelurahan

KabarKalimantan, Banjarbaru – Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalsel kumpulkan aparatur desa dan kelurahan di Q Dafam Hotel Syariah, Banjarbaru, Kamis (15/11/2018). Ini dalam rangka kegiatan Penguatan Aparatur Kelurahan dan Desa dalam Pencegahan Terorisme.

Ketua panitia pelaksana Kholis Majid menjelaskan, pencegahan terorisme tidak bisa hanya dilakukan oleh satu orang, namun harus saling bersinergi satu sama lain.

“Menjadi hal penting kemudian untuk memberikan pengetahuan  atau pemahaman yang baik terhadap masyarakat tentang bahaya paham radikalisme dan terorisme. Hal ini menjadi PR bersama terutama oleh wilayah terkecil yaitu dalam keluarga, dan kemudian  lingkuan desa,” ujarnya.

Kholis mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memahami ancamaan radikalisme, sehingga menjadi mawas. Menurut Kholis, FKPT mencoba melakukan penguatan terhadap aparatur kelurahan dan desa karena mereka memiliki peran penting dalam upaya pencegahan terorisme dan radikalisme yang sering kali berawal justru dari lingkungan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya pemahaman yang baik mengenai suatu upaya pentingnya pencegahan terorisme dan radikalisme, warga masyarakat pun memiliki pengetahuan yang baik dalam dalam usaha bersama dalam pencegahan terorisme dan radikalisme,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI yang diwakili Kasub Dit Pemberdayaan Masyarakat, Hj Andi Lintang Dulung menyebutkan, terorisme masih menjadi ancaman nyata bagi keutuhan NKRI.

“UIN Syarif Hidayatullah melakukan sebuah penelitian mengenai paham radikalisme, 63% menunjukkan sikap intoleran. Ini sangat mengejutkan karena paham radikalisme justru ada pada pendidikan. Hal ini jika tidak di atasi bersama-sama  akan mejadi benih lahirnya aksi terorisme,” katanya.

M Ali Nafiah Noor

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here