Meneropong Pelatihan Jurnalistik Internal Kabar Kalimantan

2 min read
19

BANJARMASIN, KK – Bukan hal mudah membina dan membentuk tim wartawan handal dan profesional. Apalagi rata-rata berusia muda dan masih punya motivasi yang lurus. Namun itulah tantangan bagi tim redaksi Kabar Kalimantan.

Itulah yang dituturkan Pemimpin Redaksi (Pemred) Kabar Kalimantan, Anshari Yannoor dalam pelatihan jurnalistik internal tim wartawan Kabar Kalimantan, menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Rabu (25/1/2017).

“Kabar Kalimantan diisi para anak muda, tenaga segar, dengan motivasi yang lurus dalam menghasilkan karya jurnalistik,” kata lelaki yang akrab disapa bang Anshari ini.

Baca Juga :   Kebijakan Kantong Plastik di Banjarmasin Lebih Baik dari Purwakarta

Dengan mengadakan pelatihan dan diskusi rutin mengenai jurnalistik, diharapkannya mampu menajamkan kemampuan para wartawan Kabar Kalimantan, dan mengasah hati nurani.

Sebab, sebagai wartawan, bukan hanya harus punya kemampuan menulis dengan baik. Namun dituntut punya kepekaan dan hati nurani dalam menyuarakan kepentingan rakyat. “Tugas wartawan, salah satunya adalah menyampaikan suara rakyat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Lepas Atlet SOina, Ini Pesan Ibnu Sina

Ia berharap, kelak dari Kabar Kalimantan lahir para wartawan handal dan profesional. Wartawan yang tak mengutamakan materi semata, namun juga benar-benar bersikap sebagai wartawan berkode etik dan bermoral. “Itu harapan kami,” ucap dia.

Sementara itu, Syahbani, wartawan Kabar Kalimantan mengungkapkan perasaannya usai mengikuti pelatihan. Ia mengaku banyak mendapat pencerahan dan ilmu baru. Apalagi salah satu narasumber adalah wartawan senior dari PWI Kalsel. “Alhamdulillah tambah semangat dan mengetahui esensi tugas jurnalis,” kata Syahbani bersemangat.

Baca Juga :   PT Arutmin Indonesia Bakal Kesulitan Memperpanjang Izin Tambang Jika Belum Merehabilitasi Eks Tambang

Sebagai informasi, pelatihan juga dihadiri wartawan Kabar Kalimantan dari biro Kalimantan Tengah, khususnya dari Kabupaten Pulang Pisau. Rudi rela menempuh perjalanan jauh ke Banjarmasin untuk bersama tim wartawan Kabar Kalimantan menimba ilmu. “Manfaatnya ini yang kita kejar. Saya ingin terus belajar,” tutupnya. sam⁠⁠⁠⁠

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *