Sel. Mar 31st, 2020

“Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21”

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Pemerintah Kabupaten Kotabaru upacara peringatan Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 dan Hari Guru Nasional di halaman Taman Siring Laut, Kotabaru, Senin (26/11/2018).

Upacara yang mengusung tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21” ini dipimpin langsung Bupati Kotabaru H Sayed Jafar yang bertindak sebagai pembina upacara.

Pada kesempatan itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Efendi mengucapkan selamat kepada semua guru dan tenaga pendidik Indonesia. Ia juga sangat berterima kasih kepada para guru yang telah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Dalam kesempatan yang sangat baik ini, mari kita berdoa bersama-sama agar martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya,” kata Sayed Jafar.

Ia menjelaskan, tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21” yang diusung pada Peringatan Hari PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional ini dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad ke-21 yang semakin berat hingga diperlukan peningkatan profesionalisme.

Baca Juga :   Upaya Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Pedesaan

“Revolusi industri ke-4 yang sudah merambah ke semua sektor juga harus disikapi dengan adil, karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Maka dari itu, untuk sektor pendidikan memerlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat seperti sekaran ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas profesi belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didiknya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi tugas guru sebagai pendidik juga menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan yang termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak, serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Baca Juga :   Wanita Kotabaru Diminta Peduli Kanker Payudara

Upacara Peringatan Hari PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional tersebut dirangkai dengan penyerahan beasiswa kepada anak didik berprestasi yang telah mengharumkan nama daerah dan sekolah, baik tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama, sekolah lanjutan tingkat atas, dan jenjang perguruan tinggi.(advertorial)

Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.