Menjaga Perbatasan, KRI Fatahillah Singgah di Banjarmasin

971

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sejak tiga hari yang lalu, Pelabuhan Penumpang Bandarmasih Banjarmasin disinggahi sebuah kapal perang. Di atasnya, puluhan awak kapal berseragam loreng abu-abu berdiri tegap dengan gagah.

Pada lambungnya tertulis angka 361. Kapal perang ini ternyata milik TNI Angakatan Laut Republik Indonesia. KRI Fatahillah namanya.

Kapal besi dengan jenis korvet itu berukuran panjang 83,85 meter dan lebar 11,1 meter. Dibuat oleh galangan kapal Wilton-Fijenoord, Belanda pada 1979.

Tidak kepalang, kapal ini memiliki kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam, dan anti pesawat udara. Tugasnya adalah sebagai armada pemukul yang dilengkapisistem persenjataan yang serba canggih.

Rupanya KRI Fatahillah tengah menyelesaikan misi penting. Ada sebanyak 90 orang personil di dalamnya. Mereka  sedang menuju titik perbatasan RI dengan Filipina di laut Sulawesi untuk berpatroli. Kesinggahannya di Banjarmasin adalah untuk mengisiulang perbekalan.

Baca Juga :   PAW Totok Hariyanto Diparipurnakan 2 Januari 2019

“Ini pertama kalinya kami ke Banjarmasin. Pastinya disini kami perlu melakukan bekal ulang, berupa pengisian air tawar, bahan makanan dan lainnya,” ujar Komandan KRI Fatahillah Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan, Jumat (8/2/2019).

Bertambatnya KRI Fatahillah di Banjarmasin lantas mencuri perhatian masyarakat. Mereka berduyun-duyun datang dan memasuki kapal. Tidak ketinggalan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini pun tampak antusias melihat seisi kapal. Saat bertemu dengan sang komandan kapal, ia menyerahkan sesuatu.

“Ini ada oleh-oleh berupa kain sasirangan dan tas purun serta buku tentang sejarah kota Banjarmasin,” kata Ibnu Sina pada Lekol Sandy.

Salah satu warga Banjarmasin Nia (21) berdecak kagum melihat kegagahan kapal tempur AL tersebut. Apalagi, Banjarmasin cukup jarang disinggahi jenis kapal satu ini.

“Kapalnya keren. Berada di atasnya serasa dalam perang,” ucap dara berparas cantik itu dengan senyum manja.[]

Baca Juga :   Menekan Golput, DPD Partai Golkar Kalsel Lakukan Silaturahmi dan Tatap Muka

Smara Aqdimul Azmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here