Jum. Feb 28th, 2020

Menkop dan UKM Minta Pelaku UMKM Banua Terus Berinovasi dan Berdaya Saing

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin –  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengingatkan para pelaku UMKM di Kalimantan Selatan agar terus melakukan peningkatan kualitas dan inovasi agar dapat merambah ke pasar global.

Hal tersebut diungkapkannya dalam lawatan pada pembukaan Apindo UMKM Expo dan Apindo UMKM Award II 2020 di Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus memperingati hari lahirnya Apindo ke-68, di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Rabu (29/1/2020).

Teten mengatakan, pelaku UMKM jangan hanya bermain di kerajinan-kerajinan seperti keripik, akik dan sebagainya, akan tetapi harus masuk dalam komuditi unggul dan mulai masuk di inovasi teknologi.

“Jika ingin merambah ke pasar global, selain kualitas produksinya ditingkatkan dan suplainya continue, juga harus masuk ke dalam produk-produk unggulan,” kata Teten.

Saat ini, lanjut Teten, pemerintah sedang menyiapkan trading house agar UMKM dapat semakin bergairah. Trading house tersebut, ujarnya, menjadi semacam komersial intermediari yang menjembatani UMKM dengan pasar global.

“Trading house ini bekerjasama dengan Apindo dan kementerian lain untuk mendorong UMKM yang kecil-kecil untuk masuk ke pasar global,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, keberadaan dan gerakan Apindo selama ini menjadi salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat melalui UMKM. “UMKM ini mudah dijangkau oleh masyarakat, dan banyak bergerak di masyarakat,” katanya.

Menurutnya, UMKM yang telah turut mendorong perkembangan perekonomian, khususnya dari bawah sampai menengah untuk tetap bisa lebih eksis, diharapkan ada peningkatan.

“Yang tadinya kualitasnya di tingkat lokal, bisa nasional dan hingga bisa global. Jadi daya saingnya terus ditingkatkan, dan itu mendapat dorongan dari Kementerian Koperasi dan UKM,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.