Rab. Agu 12th, 2020

Mensos RI Pimpin Rakor HKSN di Kalsel

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Menteri Sosial Republik Indonesia pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2019 di Ruang Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Rabu (24/7/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, selama kegiatan nasional yang dilaksanakan di Kalsel baru kali ini di pimpin langsung oleh menterinya.

“Artinya pelaksanaan HKSN mulai dari persiapannya diperhatikan dan direncanakan sebaik-sebaiknya agar sukses penyelenggaraan dan prestasi,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin menambahkan, peringatan HKSN 2019 di Kalsel ini dalam rangka menjemput, mengantisipasi dan mengangkat derajat manusia yang barangkali belum beruntung di kehidupan sosial.

“Kita akan bergerak sesuai aturan,dan Kalsel siap menjadi tuan rumah HKSN, ” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, sudah menjadi kewajaran kalau Kalsel menjadi tuan rumah HKSN setelah Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :   Galang Donasi, Pemprov, Korem dan Polda Hasilkan Rp 622.250.000

Menurutnya, saat ini Kalsel menjadi provinsi yang paling sibuk dengan empat kegiatan nasional yakni, Harganas, Haornas, Hari Revolusi Mental dan HKSN.

“Saya percaya Kalsel dapat menggelar kegiatan ini, karena Kalsel memiliki pengalaman menggelar kegiatan nasional,” katanya.

Disamping itu, lanjut dia, kehadirannya dalam Rakor tersebut untuk melihat langsung persiapan yang telah dilakukan. Dalam arahannya, dirinya turut memutuskan tema yang diangkat dalam pelaksanaan HKSN yakni ”Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas” dan tema LBKS “Lintas Banua Bergerak”.

“Karena ini kerjasama antar Kementerian Sosial dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Maka alangkah baiknya kita sepakati bersama tema yang diangkat,” ucapnya.

Ke depan sesudah Rakor ini, lanjutnya, akan ada rapat pleno pertama di awal September dan rapat pleno kedua pada November di Jakarta yang akan dihadiri gubernur, walikota, bupati serta panitia pusat untuk melakukan cek dan ricek kesiapan di lapangan.

Baca Juga :   Menpar Puji Kemeriahan Harjad Provinsi Kalsel ke-69

“Jadi, jangan anggap pertemuan kita ini masih jauh, sehingga membuat kita santai. Waktu berputar dengan cepat, dan kegiatan yang lain juga banyak, jadi perhatian itu harus kita rencanakan dengan baik,” ucapnya.

Adapun pelaksanaan peringatan HKSN akan digelar mulai pada 14-20 Desember 2019 dengan berbagai macam rangkaian kegiatan sosial.

“Rangkaian acara mulai dengan lintas batas yang start di Kabupaten Tabalong dan finish di Kota Banjarmasin,” kata Dirjend Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazarudin saat menyampaikan pemaparannya.

Ia menambahkan, lintas batas tersebut diisi dengan bantuan sosial, bakti sosial, donor darah, serta pembangunan sarana dan prasana.

“Nanti akan ada lintas batas menyusuri sungai. Jadi lengkap, ada jalur darat dan sungai. Puncaknya akan dilaksanakan di halaman Setdaprov Kalsel,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.